Kompas.com - 02/03/2021, 21:07 WIB
ilustrasi dunia penuh sampah plastik Shutterstockilustrasi dunia penuh sampah plastik

KOMPAS.com - Kesehatan lingkungan di Bumi semakin tahun semakin tidak sehat. Isu-isu perubahan iklim, perusakan habitat, hingga hilangnya keanekaragaman hayati menjadi isu besar.

Dilansir dari National Geographic, satu bahaya yang semakin menyebar ke ekosistem dapat diubah dengan perilaku mengurangi polusi plastik.

Plastik ditemukan di mana-mana dan hal tersebut merusak lingkungan sekitar dalam banyak hal. Produksi dan konsumsi plastik berkontribusi pada emisi gas rumah kaca, ekosistem laut, dan mencemari kehidupan lautan.

Sampah plastik yang rata-rata terbuang di laut menimbulkan bahasa serius bagi kehidupan laut.

Baca juga: Persoalan Lingkungan pada Bentang Alam Karst

Banyak hewan terjerat karena sampah plasstik hingga dikonsumsi oleh ikan yang mengira bahwa partikel plastik adalah mangsa.

Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan, tentunya laut adalah dengan mengurangi sampah plastik.

Cara mengurangi penggunaan plastik

Dikutip dari situs Natural Resources Defense Council, beberapa cara mengurangi penggunaan plastik, yaitu:

  • Membatasi pembelian air kemasan

Air kemasan kebanyakan dijual dan dikemas dengan botol plastik. Hal ini tentu untuk mempermudah konsumen meminumnya. Namun setiap tahun hampir 20 miliar botol plastik dibuang.

Sebaiknya mulai membatasi pembelian air kemasan. Lebih baik membawa air minum sendiri dengan botol yang bisa digunakan secara berulang. Hal ini selain mengurangi sampah plastik, juga menghemat biaya belanja.

Baca juga: Mengapa Energi Alternatif Bersifat Ramah Lingkungan?

  • Mengurangi plastik sekali pakai

Beberapa tempat makan cepat saji kini sudah mengkampanyekan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Rata-rata mereka sudah tidak menyediakan sedotan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X