Kompas.com - 02/03/2021, 20:08 WIB
Ilustrasi tanggung jawab oangtua freepik.com/pch.vectorIlustrasi tanggung jawab oangtua

KOMPAS.com - Keluarga menjadi lembaga pendidikan yang pertama. Keluarga diharapkan senantiasa berusaha menyediakan kebutuhan, baik biologis maupun psikologis bagi anak.

Dalam buku Sosiologi Suatu Pengantar (1962) oleh Selo Soemarjan, keluarga adalah sebagai kelompok inti, sebab keluarga aalah masyarakat pendidikan pertama dan bersifat alamiah.

Dalam wahana keluarga, orangtua terutama ayah sebagai kepala keluarga dengan bantuan anggotanya harus mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh keluarga.

Tanggung jawab orangtua

Terdapat beberapa tanggung jawab orangtua terhadap anaknya, seperti:

  • Tanggung jawab pendidikan dan pembinaan

Tanggung jawan pendidikan dan pembinaan adalah memberikan dasar-dasar moral dam keutamaan tabiat yang harus dimiliki anak sejak kecil hingga dewasa.

Baca juga: Contoh Sikap Tanggung Jawab dalam Keluarga

Pendidikan dan pembinaan anak dalam keluarga dilaksanaka dengan contoh dan teladan dari orangtua itu sendiri. Seperti perilaku dan sopan santun orangtua di dalam keluarga dan perlakuan orangtua terhadap orang lain di dalam lingkungan keluarga.

Setiap individu akan mencari figur sebagai teladan atau idola bagi mereka. Orangtua merupakan teladan bagi anak-anak mereka.

  • Tanggung jawab kesehatan anak

Hal ini berkaitan dengan pengembangan, pembinaan fisik anak sehingga menjadi anak yang sehat, cerdas, tangguh, dan pemberani.

Sehingga orangtua wajib memberi makan dengan makanan yang baik dan sehat, menjaga kesehatan fisik, membiasakan anak makan dan minum dengan makanan dan minumam yang bergizi.

  • Tanggung jawab kepribadian dan sosial anak

Kewajiban orangtua menanamkan anak sejak kecil agar terbiasa menjalankan adab sosial dan pergaulan sesamanya.

Baca juga: Akibat dari Sikap Tanggung Jawab

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X