Kompas.com - 02/03/2021, 20:49 WIB
Jenis-jenis prisma cazoomy.comJenis-jenis prisma

KOMPAS.com - Prisma adalah bangun ruang dengan ruang datar di setiap sisinya. Prisma memiliki dua ujung dengan bentuk dan ukuran yang sama.

Prisma juga memiliki bentuk garis diagonal yang jika dipotong dengan garis melintang maka akan menghasilkan bentuk bangun datar yang sama.

Prisma yang umumnya dipelajari terdiri dari prisma segitiga, prisma persegi, prisma persegi panjang, prisma segi lima, dan prisma trapesium. Dilansir dari The School Run, lingkaran tidak dikategorikan sebagai prisma karena memiliki bentuk yang melengkung dan bukan garis lurus. 

Secara umum, rumus untuk mencari volume prisma adalah:

V=luas alas × tinggi

Tetapi, bentuk alas dari setiap prisma berbeda sehingga rumus untuk mencari luas alas prisma juga tergantung kepada bentuk alasnya.

  • Prisma Segitiga

V=1/2×(panjang×lebar×tinggi)

Contoh:

Sebuah prisma segitiga memiliki panjang 4 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 7 cm, maka volumenya adalah:

V=1/2×(panjang×lebar×tinggi)
V=1/2×(4×l5×7)
V=1/2×(140)
V=70 cm³

Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan Prisma

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X