Jenis Teks Narasi dan Contohnya

Kompas.com - 23/02/2021, 15:09 WIB
Ilustrasi jenis-jenis teks narasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jenis-jenis teks narasi

KOMPAS.com - Teks narasi adalah teks yang berisikan kisah yang perlu diteladani setiap isinya.

Tujuan dari teks narasi salah satunya adalah agar pembaca seolah-olah mengalami hal yang terjadi pada teks narasi tersebut.

Unsur yang paling penting pada sebuah narasi yaitu unsur perbuatan atau tindakan. Narasi juga lebih megisahkan kehidupan yang dinamis dalam suatu rangkaian waktu.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, teks narasi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:

Narasi informatif (ekspositoris)

Narasi informatif adalah karagan yang bertujuan menyampaikan sebuah informasi dengan tepat mengenai suatu peristiwa atau kejadian.

Baca juga: Teks Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Unsurnya

Contoh teks narasi informatif adalah:

Perang Surabaya

Pada 10 November meletuslah sebuah perlawanan rakyat di
Surabaya untuk mengusir Belanda dan para sekutunya dari tanah air. Perang ini berawal dari kemarahan tentara Inggris akibat dari
terbunuhnya pimpinan mereka, Brigadir Jenderal Mallaby. Akibat
tewasnya pimpinan mereka pihak Inggris dan sekutunya memberikan sebuah ultimatum kepada seluruh pejuang yang ada di Surabaya waktu itu untuk menyerah.

Bukannya menyerah, ultimatum tersebut malah dianggap sebuah
penghinaan oleh para pejuang dan rakyat. Mereka membentuk milisimilisi perjuangan untuk menghadapi piahk Inggris yang mengancam akan menyerang.

Mengetahui utimatumnya ditolak, pihak Inggris dan sekutunya marah besar. Pada 10 November pagi, mereka melancarkan serangan besarbesaran melalui laut, darat, dan udara, dengan mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X