Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sikap Cinta Tanah Air dan Cara Menanamkannya

Kompas.com - 15/02/2021, 15:28 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Cinta tanah air merupakan perasaan yang harus dimiliki dan menjadi bagian setiap individu untuk negara dan bangsanya.

Sikap cinta tanah air yang dimiliki oleh setiap individu dapat tercermin dari perilaku untuk membela dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa, mencintai adat, budaya, serta lingkungan.

Dalam buku Merajut Kembali ke Indonesiaan Kita (2007) oleh Sultan Hamengku Buwono X, cinta tanah air adalah cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan terhadap bangsa.

Seperti sikap terhadap bahasa, lingkungan, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Cinta tanah air juga sebagai perilaku untuk mencintai wilayah nasional sebuah bangsa, sehingga harus selalu siap membela tanah air Indoensia terhadap segala bentuk intervensi maupun tantangan dari siapa pun.

Baca juga: Sikap Terhadap Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia

Sikap cinta tanah air

Sikap cinta tanah air tercermin dari perlaku, sebagai berikut:

  1. Bangga dengan produk dalam negeri dan membelinya
  2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  3. Melestarikan budaya bangsa
  4. Mengikuti segala kegiatan saat memeperingati Hari Kemenrdekaan Indonesia.
  5. Melestarikan kebudayan Indonesia
  6. Menggunakan hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu)
  7. Menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan
  8. Menuntut ilmu dan belajar bersungguh-sungguh
  9. Mengharumkan nama Bangsa Indonesia dengan prestasi
  10. Hidup rukun dan gotong royong
  11. menciptakan lingkungan yang rukun antarumat beragama

Cara menanamkan sikap tanah air

Semangat cinta tanah air harus ditanamkan sejak dini, terlebih anak-anak. Sehingga anak-anak sudah mengenal Indonesia dan memiliki rasa cinta pada bangsa dan negara.

Baca juga: Identitas Nasional Bangsa Indonesia

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk menanamkan semangat cinta tanah air kepada anak-anak, terdapat empat metode, yaitu:

  • Metode bernyanyi

Anak-anak paling suka menyany, sehingga putarlah lagu-lagu nasionalisme untuk dinyanyikan bersama. Dengan menyanyi, anak-anak akan cepat tahu dan hafal.

Dengan cara ini, anak-anak akan akrab dan hafal lagu-lagu nasional. Maka timbullah semangat cinta tanah air yang tertanam dalam benak anak.

  • Metode wisata

Setiap kali mengajak anak-anak wisata, ajaklah ke temoat=temoat bersejarah atau museum perjuangan. DI temoat tersebut bisa dijelaskan banyak hal tentang perjuangan.

Hal ini menjadi penting, karena anak-anak akan selalu mengingat kesan dan pesan selama mereka berwisata. Di tempat wisata akan banyak cerita dan perngetahuan tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Raja-Raja yang Berkorban demi Bangsa

Dari situ, semangat cinta tanah air akan tertanam di benak anak-anak karena kisah perjuangan masyarakat Indonesia untuk merdeka dan mempertahankannya.

  • Metode bercerita

Anak-anak yang terkadang susah tidur di malam hari, biasanya akan meminta orangtua uintuk membacakan cerita atau mendongeng.

Berikanlah cerita atau dongeng mengani sejarah kemerdekaan atau tentang Indonesia yang menarik. Dari cerita ini, anak-anak akan mengingat perjuangan para pahlawan.

  • Metode menggambar

Kenalkan buku sedini mungkin ke anak-anak, khususnya buku bergambar. Pilihlah buku-buku bergambar tentang pahlawan dan pejuang Bangsa Indoensia.

Sehingga anak-anak bisa melihat langsung bagaimana semua pahlawan memperjuangan bangsa Indonesia.

Baca juga: Nilai Semangat Pendiri Bangsa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com