Kompas.com - 15/02/2021, 15:00 WIB
Tari Lenggo dari Nusa Tenggara Barat (NTB) kebudayaan.kemdikbud.go.idTari Lenggo dari Nusa Tenggara Barat (NTB)
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Tari Lenggo adalah sebuah tarian tradisional yang berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tari Lenggo merupakan tari peninggalan Kerajaan Bima yang sempat berkuasa di NTB pada masa lalu.

Dikutip dari buku Tari-Tarian Indonesia Volume 1 (1977) karya Sudarsono, tari Lenggo adalah tarian yang sering ditarikan di lingkungan Kerajaan Bima atau kantor pemerintahan saat kedatangan tamu resmi.

Tari klasik ditarikan oleh empat orang perempuan dan empat orang laki-laki. Di mana mereka mengenakan pakaian adat tradisional Kota Bima (baju bodo).

Ketika menari diiringi dengan musik dari serunai (seruling), gong dan katonggak (gendang dari kulit).

Baca juga: Tari Serimpi, Tarian Klasik Yogyakarta

Sejarah tari Lenggo

Tari Lenggo diciptakan pada masa Kerajaan Bima dipimpin oleh Sultan Abdul Khair Sirajuddin. Beliau merupakan raja kedua Kerajaan Bima yang memerintah pada 1640-1682.

Pada masa Sultan Abdul Khair Sirajuddin, seni dan budaya tradisional berkembang. Salah satu dari kesenian tersebut adalah tari Lenggo atau tari Mpa'a Lenggo yang bertahan hingga saat ini.

Pada tari Mpa'a Lenggo ada dua jenis, yaitu mpa'a lenggo mone atau lenggo malaju dan mpa'a lenggo siwe atau lenggo mbojo.

Dalam setiap pertunjukkan, mpa'a lenggo mone akan dipergelarkan bersaaa lenggo siwe pada upacara u'a pua atau disebut lenggo u'a.

Jadi lenggo u’a pua merupakan gabungan lenggo mone dengan lenggo siwe yang digelarkan pada upacara u’a pua.

Baca juga: Tari Bedhaya Ketawang, Tarian Sakral Keraton Kasunanan Surakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X