Sunan Giri, Menyebarkan Islam Lewat Permainan Kanak-kanak

Kompas.com - 21/01/2021, 14:59 WIB
Sunan Giri Sunan Giri

KOMPAS.com - Sunan Giri lahir sekitar tahun 1442 Masehi di daerah Blambangan. Sunan Giri memiliki nama kecil Raden Paku atau Joko Samudro.

Ia merupakan putra dari Maulana Ishaq dan Dewi Sekardadu. Ayah Sunan Giri merupakan mubalig yang berasal dari Asia Tengah. Sedangkan ibunya merupakan anak dari Menak Sembuyu.

Sunan Giri dipanggil Joko Samudro karena sewaktu kecil dibuang ke laut. Karena dianggap berbahaya bagi kondisi kerajaan kala itu.

Ada dua versi yang menyebutkan alasan ini. Pertama karena dianggap membawa wabah penyakit. Kedua karena disingkirkan oleh patih kerajaan karena saat dewasa akan menjadi pewaris takhta.

Mendirikan pesantren

Dikutip dari Buku Mengenal Sembilan Wali (Wali Sanga) (2018) karya Susilarini, setelah dibuang ke laut, Sunan Giri ditemukan oleh saudagar perempuan, bernama Nyai Gede Pinatih.

Baca juga: Sunan Muria, Berdakwah dengan Topo Ngeli

Ia mempelajari dakwah dari Sunan Ampel, bersama dengan Sunan Bonang. Kemudian Sunan Giri dan Sunan Bonang sama-sama pergi ke Arab untuk memperdalam ilmu agama.

Setelah kembali ke Tanah Jawa, Sunan Giri mendirikan pesantren di perbukitan Sidomukti daerah Kemobas, yang dinamai Pesantren Giri, yang merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di Jawa.

Tidak hanya itu, Pesantren Giri semakin terkenal hingga ke area luar Pulau Jawa, seperti Kalimantan, Lombok, Sulawesi dan Maluku.

Selain terkenal, pesantren ini membawa pengaruh yang luar biasa, hingga akhirnya pesantren ini berkembang menjadi sebuah kerajaan kecil bernama Giri Kedaton. Kerajaan ini menguasai daerah Gresik dan sekitarnya, sebelum dijatuhkan oleh Sultan Agung.

Dalam Buku Kerajaan Islam di Jawa (2012) karya Alik Al Adhim, dituliskan jika Sunan Giri berdakwah dengan karya seni yang diciptakannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X