Contoh Karya Seni Dekoratif

Kompas.com - 13/01/2021, 19:54 WIB
Suasana restoran dengan tegel kunci di Hotel Pesonna Tugu, Jogjakarta, Sabtu (5/8/2017). KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELSuasana restoran dengan tegel kunci di Hotel Pesonna Tugu, Jogjakarta, Sabtu (5/8/2017).

KOMPAS.com - Seni dekoratif sering juga disebut sebagai seni ornamen. Seni dekoratif merupakan salah satu jenis seni rupa modern.

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica, seni dekoratif adalah salah satu jenis seni rupa yang berkaitan dengan desain serta dekorasi benda.

Contoh penerapan seni dekoratif adalah membuat motif bunga pada keramik. Atau misalnya membuat lukisan di dinding rumah.

Ada empat contoh ragam karya seni dekoratif. Apa sajakah itu?

  • Enamelwork 

Contoh enamelwork, peti kecil dari logam bergambar Yesus Kristus.Jean-Pol GRANDMONT Contoh enamelwork, peti kecil dari logam bergambar Yesus Kristus.
Seni dekoratif yang pertama adalah enamelwork. Ragam karya seni dekoratif ini diaplikasikan pada permukaan benda logam.

Caranya adalah dengan melapisi permukaan logam dengan kaca vitreous agar bisa menyatu. Tujuannya untuk menciptakan efek motif yang cerah, mengkilap dan tahan lama.

Baca juga: Seni Dekoratif: Pengertian, Fungsi, Jenis Motif

  • Funiture 

Teras yang lebar dengan jendela yang penuh ukiran, hal tersebut yang selalu ada di rumah adat Bugis, di Soppeng.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Teras yang lebar dengan jendela yang penuh ukiran, hal tersebut yang selalu ada di rumah adat Bugis, di Soppeng.

Bukan hanya benda yang terbuat dari logam saja, namun peralatan rumah tangga juga bisa menjadi media untuk seni dekoratif.

Umumnya media yang digunakan sebagai alas pembuatan ragam karya seni dekoratif terbuat dari kayu, plastik. kaca, marmer, kain atau bahan lainnya.

Contohnya adalah menggambar motif flora dan fauna pada meja yang terbuat dari marmer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X