Kompas.com - 31/12/2020, 17:21 WIB
Ilustrasi masyarakat FREEPIK/peoplecreationsIlustrasi masyarakat

KOMPAS.com  - Eksplanasi diserap dari bahasa Inggris ‘explanation’, yang berarti penjelasan. Menurut Mark and Katty Anderson dalam Text Types in English (2003) teks eksplanasi adalah bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa.

Teks eksplanasi adalah karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa. Melibatkan mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi. Berikut contoh teks eksplanasi sosial:

Contoh 1

Tahun 2020 bisa menjadi tahun dengan intensitas tatap muka paling sedikit. Namun halangan bertatap muka tidak mengurangi interaksi sosial di masarakat. Interaksi semasa pandemi banyak dituangkan melalui media sosial.

Interaksi tersebut dapat dilakukan melalui pesan teks, pesan suara, atau panggilan video. Akibatnya, beberapa kegiatan yang sehari-hari dilakukan di luar rumah, kini harus dijalankan di rumah. Kegiatan belajar mengajar, pekerjaan, mengobrol bersama teman, bahkan olahraga, semua terpaksa dikerjakan di rumah.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Contoh 2

Kehidupan sosial kita dengan masyarakat terkadang bersinggungan dengan moral dan nilai yang diterapkan di lingkungan tersebut. Moral dan nilai yang muncul dari lingkungan sosial adalah hal yang wajar. Namun menjadi tidak wajar bila negara ikut campur mengurusi moral warga negaranya. Tugas negara ialah menjamin hak dan keamanan warga negara.

Contohnya kasus porografi. Moral dan nilai terkait kasus pornografi, baiknya masyarakat sendiri yang berpendapat. Kapasitas negara ialah memberi jaminan keamanan digital, kebebasan berekspresi, serta perlindungan terhadap kekerasan jender berbasis online.

Contoh 3

Jejak digital berpengaruh terhadap kehidupan sosial. Apa yang di unggah di media sosial sewaktu-waktu dapat menjadi boomerang, bila tidak disikapi dengan bijak. Perkembangan digital semakin memudahkan pencurian dan penjualan data pribadi.

Ruang privasi semakin sempit. Salah sedikit dalam bersikap di media sosial, dapat membawa pengaruh besar. Pada tingkat paling parah, masyarakat dapat dijerat dengan UU ITE. Bijak bermedia sosial menjadi hal wajib di era digital. Setiap lapisan masyarakat perlu mendapat sosialisasi mengenai keamanan berinternet dan menjaga data pribadi.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.