Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminar: Pengertian, Tujuan, Syarat, Ciri, Fungsi, dan Unsur

Kompas.com - 29/12/2020, 22:10 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia pendidikan lekat dengan forum-forum ilmiah. Salah satu forum ilmiah yang sering diadakan ialah seminar.

Pandemi tidak menyurutkan semangat untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Maka muncul istilah baru, yaitu webinar, yang berarti seminar online.

Pengertian seminar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, seminar diartikan sebagai pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli. Ahli yang dimaksud misalnya dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.

Dilansir dari Herri Susanto dalam Communication Skills, Sukses Komunikasi, Presentasi, dan Berkarir (2014), berbicara di depan umum seperti di acara rapat kantor, musyawarah, kuliah umum, seminar, bahkan pidato membutuhkan skill yang tinggi dibanding komunikasi dengan satu atau sedikit orang.

Tujuan seminar

Tujuan seminar ialah membahas dan bertukar pikiran mengenai suatu permasalahan ilmiah. Tukar pikiran dapat dilakukan dengan interaksi tanya-jawab antara pembicara dan peserta seminar.

Baca juga: Pengertian Teks Diskusi

Syarat Seminar

Syarat untuk melaksanakan seminar antara lain:

  • Sama seperti forum pada umumnya, seminar melibatkan peserta. Ada seminar umum tanpa batasan jumlah peserta, ada pula yang terbatas menyesuaikan durasi atau kapabilitas penyelenggara.
  • Pemateri sudah tahu permasalahan yang akan di sampaikan. Pemateri ialah penyampai makalah. Biasanya seminar juga memberi ruang sama besar untuk penyanggah makalah seperti dosen, guru besar, pakar, peneliti, dan sejenisnya.
  • Ada moderator yang menjembatani komunikasi antara pemateri dan peserta. Moderator juga berfungsi sebagai penjaga waktu. Ia dapat mengingatkan pada pematri atau peserta bila pembahasan melenceng atau keluar konteks.
  • Waktu pelaksanaan seminar terjadwal jauh-jauh hari. Hal ini berguna agar pemateri dan peserta dapat mempersiapkan diri untuk terlibat dalam forum ilmiah tersebut.
  • Tema atau topik permasalahan sudah disiapkan sebelumnya.
  • Seminar dirancang secara sistematis dan ilmiah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com