Kompas.com - 27/12/2020, 20:39 WIB
Ilustrasi magnet yang menarik orang-orang. Catia ShattuckIlustrasi magnet yang menarik orang-orang.

KOMPAS.com - Pada solenoida, kita dapat mengetahui besarnya induksi magnetik yang terjadi. Bagaimanakah penerapan perumusannya dalam menyelesaiakan suatu kasus? Berikut akan kita bahas bersama.

Soal dan Pembahasan

Sebuah solenoida panjangnya L dan terdiri atas N lilitan. Pada solenoida dialirkan arus listrik sebesar I, sehingga besarnya induksi elektromagnetik pada ujung solenoida adalah B. Jika solenoida tersebut diregangkan, sehingga panjangnya menjadi 2L dengan tidak mengubah jumlah lilitan, tentukan perubahan induksi elektromagnetik yang terjadi!

Melansir dari Electrical Circuit Analysis (2008) oleh U. A. Bakshi dan A. V. Bakshi, solenoida adalah susunan di mana konduktor panjang digulung dengan jumlah lilitan yang berdekatan membentuk sebuah kumparan.

Baca juga: Menentukan Induksi Magnetik di Tengah-Tengah Solenoida

Ketika konduktor tersebut dialiri arus listrik, maka konduktor akan menghasilkan medan magnet yang bekerja melalui kumparan di sepanjang porosnya dan juga di sekitar solenoida.

Adapun persamaan besarnya induksi magnetik pada titik yang berada di ujung solenoida adalah sebagai berikut:

B = (μ0 × N × I) / (2 × L)

Sekarang mari kita selesaikan permasalahan pada contoh soal di atas.

Halaman:

Sumber kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X