Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Factual Report tentang Covid-19

Kompas.com - 14/12/2020, 19:46 WIB
Risky Guswindari ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber WHO,Unicef,

KOMPAS.com – Apa itu factual report? Factual report adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang berupa fakta. Contohnya factual report bisa membahas tentang covid-19.

Factual report merupakan jenis teks bahasa Inggris yang di dalamnya membahas fakta-fakta dari sebuah penelitian atau pengamatan. Teks ini mempunyai dua bagian atau struktur, yaitu general classification dan description.

Berikut merupakan contoh factual report tentang covid-19:

Contoh teks 1

Covid-19

Covid-19 or Coronavirus Disease-2019 is an infectious disease caused by a new virus called SARS-Cov-2. This disease first identified in Wuhan, China, in the end of 2019. The virus widely spread over many countries and then in March 2020, WHO declared Covid-19 a pandemic.

This disease attacks respiratory system. Covid-19 also makes people who get infected experience several symptoms. The common symptoms are fever, dry cough, and tiredness. Some also experience aches, sore throat, diarrhea, conjunctivitis, headache, and loss of taste or smell. Meanwhile the serious symptoms are shortness of breath, chest pain, and loss of speech. However, there are many who do not experience symptoms.

It takes about 5-6 days to the symptoms to show. However, the incubation period takes 14 days. People who has mild to moderate illness usually can recover without hospitalization. Meanwhile those who experience serious symptoms have to seek medical attention.

The virus spreads through the droplets when infected people sneeze or cough. Therefore, WHO gives the way to prevent infection such as washing hands regularly with soap and water, avoiding touching face, covering mouth and nose while sneezing or coughing, staying at home, refraining from smoking, and practicing physical distancing.

Source: World Health Organization (WHO)

Baca juga: Cara Membuat Factual Report dalam Bahasa Inggris

Terjemahan

Covid-19

Covid-19 atau Coronavirus Disease-2019 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang disebut SARS-Cov-2. Penyakit ini pertama kali teridentifikasi di Wuhan, China, pada akhir 2019. Virus ini menyebar luas ke banyak negara dan kemudian pada Maret 2020, WHO menyatakan Covid-19 sebagai pandemi.

Penyakit ini menyerang sistem pernapasan. Covid-19 juga membuat orang yang terinfeksi mengalami beberapa gejala. Gejala umumnya adalah demam, batuk kering, dan kelelahan. Beberapa juga mengalami rasa sakit, sakit tenggorokan, diare, konjungtivitis, sakit kepala, dan kehilangan rasa atau penciuman. Sedangkan gejala yang serius berupa sesak napas, nyeri dada, dan kehilangan kemampuan bicara. Namun, banyak juga yang tidak mengalami gejala.

Diperlukan waktu sekitar 5-6 hari untuk menunjukkan gejala. Namun, masa inkubasinya membutuhkan waktu 14 hari. Orang yang memiliki penyakit ringan sampai sedang biasanya bisa sembuh tanpa dirawat di rumah sakit. Sementara bagi yang mengalami gejala serius harus segera mencari pertolongan medis.

Virus menyebar melalui tetesan air ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Oleh karena itu, WHO memberikan cara pencegahan infeksi seperti mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, menghindari menyentuh wajah, menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, tinggal di rumah, menahan diri untuk tidak merokok, dan melakukan physical distancing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com