Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Eksemplum tentang Peristiwa Alam

Kompas.com - 06/11/2020, 17:29 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teks eksemplum ialah cerita tentang peristiwa yang dialami seseorang atau tokoh.

Pada umumnya, teks semacam ini diawali dengan pengenalan tokoh, menjelaskan urutan peritiwa yang dialami tokoh, kemudian diakhiri dengan intepretasi tokoh dalam cerita tersebut.

Intepretasi maksudnya, ada pelajaran atau hikmah yang diambil dari peristiwa yang terjadi.

Berikut contoh teks eksemplum tentang perisitwa alam:

Contoh I
Rumah saya dekat tangkis. Di balik tangkis ada aliran sungai bengawan yang cukup deras, tidak pernah kering sepanjang tahun. Rumah saya ada di lingkungan kampung. Tidak ada satpam atau tukang sampah yang datang secara teratur. Sebagian besar warga membuang sampah ke tangkis, tepat di samping aliran air sungai.

Januari 2009 hujan durun dengan intens di seluruh kabupaten Madiun. Air sungai meluap. Bila tidak ada tangkis, mungkin semua rumah di lingkungan saya akan habis terendam banjir. Rumah saya dan tetangga-tetangga saya selamat.

Baca juga: Contoh Teks Eksemplum tentang Liburan

 

Namun, sampah yang kami buang di samping tangkis puya cerita lain. Gunung sampah itu hanyut terbawa arus aliran sungai. Esoknya muncul berita beberapa daerah seperti Ngawi dan Magetan banjir.

Tidak dapat dipungkiri, lingkungan rumah saya secara tidak langsung menjadi penyebab terjadinya banjir di daerah lain. Sejak kejadian itu, sedikit demi sedikit lingkungan kami menghindari kebiasaan membuang sampah di sungai.

Kampanye dilarang buang sampah di sungai marak. Orang-orang membangun pos pantau di tangkis untuk menertibkan satu sama lain. Kami pun mulai membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir terdekat. Saya berharap upaya ini dapat mengurangi potensi banjir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com