Struktur Essay dalam Bahasa Inggris

Kompas.com - 26/10/2020, 16:48 WIB
Essay Essay

KOMPAS.com – Pernahkah kalian menulis esai? Essay merupakan suatu teks yang berisi pembahasan akan suatu hal. Essay biasanya ditulis untuk tugas sekolah maupun hal yang lain.

Menurut Collins COBUILD Learner’s Pocket Dictionary (2015), essay adalah a short piece of writing on a subject. Esai merupakan artikel singkat mengenai suatu subjek.

Esai berisi opini atau pendapat kita akan suatu hal. Biasanya esai ditulis dalam beberapa paragraf. S

alah satu jenis esai adalah descriptive essay atau esai deskriptif, di mana penulis bisa menggambarkan suatu hal atau objek.

Selain descriptive essay, ada beberapa jenis esai lain yang pembahasannya beraneka ragam seperti expository dan narrative essay.

Kita biasa menulis esai untuk tugas sekolah atau mengikuti lomba penulisan.

Baca juga: Descriptive Text: Pengertian, Purpose, dan Structure

Structure of an essay

Lalu, bagaimana struktur sebuah esai? How is the structure of an essay?

Sebuah esai umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu introduction (introductory paragraph), body (supporting paragraph), dan conclusion (concluding paragraph).

  • Introduction (introductory paragraph)

Bagian awal pada esai ini memuat pendahuluan tentang isu atau topik yang diangkat. Bagian ini bagian yang penting karena pembaca akan tertarik untuk membaca lebih lanjut jika isu yang diangkat disampaikan dengan baik di awal paragraf.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X