Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Struktur Essay dalam Bahasa Inggris

Esai berisi opini atau pendapat kita akan suatu hal. Biasanya esai ditulis dalam beberapa paragraf. S

alah satu jenis esai adalah descriptive essay atau esai deskriptif, di mana penulis bisa menggambarkan suatu hal atau objek.

Selain descriptive essay, ada beberapa jenis esai lain yang pembahasannya beraneka ragam seperti expository dan narrative essay.

Kita biasa menulis esai untuk tugas sekolah atau mengikuti lomba penulisan.

Structure of an essay

Lalu, bagaimana struktur sebuah esai? How is the structure of an essay?

Sebuah esai umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu introduction (introductory paragraph), body (supporting paragraph), dan conclusion (concluding paragraph).

  • Introduction (introductory paragraph)

Bagian awal pada esai ini memuat pendahuluan tentang isu atau topik yang diangkat. Bagian ini bagian yang penting karena pembaca akan tertarik untuk membaca lebih lanjut jika isu yang diangkat disampaikan dengan baik di awal paragraf.


Dalam buku The Write Start, Paragraph to Essay: With Student and Professional Readings (2013) karya Lawrence Checkett dan Gayle Feng-Checkett, introductory paragraph memuat serangkaian introductory sentences (kalimat pengantar) dan thesis statement.

Thesis statement adalah satu atau lebih kalimat yang mengungkapkan ide pokok dari pembahasan.

  • Body (supporting paragraph)

Bagian ini terdiri dari beberapa paragraf yang menjelaskan poin-poin atau argumen dari penulis. Paragraf-paragraf ini merupakan pengembangan dari sebuah main idea (ide utama). Argumen yang dikemukakan hendaknya ditulis secara terperinci.

Seperti namanya, supporting paragraph mendukung ide utama penulis. Dengan begitu, pada supporting paragraph, hendaknya penulis menggunakan clear references atau referensi yang jelas agar argumennya kuat.

  • Conclusion (concluding paragraph)

Concluding paragraph memuat kesimpulan dari apa yang sudah dipaparkan oleh penulis. Penulis juga bisa menulis kembali thesis statement dan merangkum argumennya.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/26/164805469/struktur-essay-dalam-bahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke