Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2020, 15:23 WIB
Gama Prabowo,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan peradaban manusia dari zaman pra-sejarah hingga zaman modern tidak terlepas dari bidang komunikasi dan informasi.

Kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang kita nikmati saat ini adalah hasil dari evolusi yang akan tetap terus berlanjut hingga masa mendatang.

Berikut merupakan penemuan-penemuan penting dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi :

Internet

Dilansir dari buku Networking with Microsoft TCP/IP (1996) karya Drew Heywood, perkembangan internet bermula pada tahun 1960an ketika departemen pertahanan Amerika Serikat meluncurkan program Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET).

Baca juga: Sejarah Internet

J.C Licklider ditunjuk sebagai kepala program ARPANET yang bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer melalui jaringan. Dari program tersebut, konsep internet ditemukan dan terus dikembangkan.

Perkembangan internet semakin maju pada sekitar tahun 1990-an. Institut Teknologi Massachusetts (MIT) berhasil menemukan program World Wide Web Consortium dan Tim Berners Lee menemukan program browser yang berbasis jaringan.

Pada masa kini internet bisa kita akses dengan menggunakan teknologi tanpa kabel (wireless).

Televisi

Perkembangan televisi bermula dari penemuan Kinescope oleh Vladimir Kozma Zworkyn pada 1923. Valdimir Kozma mampu menciptakan suatu sistem berbentuk penangkapan gambar, transmisi dan sistem receiving.

Pada 1939, Vladimir Kozma dan Farnsworth melakukan komersialisasi telvisi dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Baca juga: Biografi Marconi, Penemu Radio yang Selamatkan Penumpang Titanic

Satelit

Penemuan satelit tidak dapat terlepas dari perlombaan teknologi luar angkasa pada masa Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Pada tahun 1957, Uni Soviet berhasil melucurkan satelit pertama bernama Sputnik 1 untuk kepentingan politik, militer dan ilmu pengetahuan.

Pada 1958, Amerika Serikat juga menyusul Uni Soviet untuk melucurkan satelit bernama Explorer 1. Pada perkembangannya, satelit berfungsi untuk pencitraan bumi, telekomunikasi telepon, GPS dan komunikasi data.

Alexander Graham Bell (duduk) saat membuka jaringan telepon jarak jauh dari New York ke Chicago pada 1892.Library of Congress/Wikipedia Alexander Graham Bell (duduk) saat membuka jaringan telepon jarak jauh dari New York ke Chicago pada 1892.
Telepon

Konsep kerja awal telepon ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada 1876. Saat Perang Dunia II, telepon dimanfaatkan untuk meninformasikan posisi musuh dan meningkatkan kualitas radar.

Baca juga: Biografi Alexander Graham Bell, Penemu Telepon

Telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1940. Dilansir dari buku Perkembangan Teknologi Komunikasi (2017) karya Nurudin, perkembangan telepon semakin pesat ketika John Goeken dan Craig McCaw mencetuskan telepon tanpa kabel (wireless).

Memasuki tahun 1990-an, mulai berkembang telepon seluler yang menggunakan teknologi kartu sim dan dengan ukuran yang semakin praktis.

Teknologi telepon seluler semakin berkembang dengan adanya sistem operasi, konektivitas internet, kamera dan chip processor canggih sehingga muncul istilah smartphone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com