Jenis Tari Modern

Kompas.com - 26/10/2020, 14:00 WIB
Salah satu penampilan dari penari balet National Ballet Kuba cubacontemporaneaSalah satu penampilan dari penari balet National Ballet Kuba

KOMPAS.com - Tari modern atau modern dance merupakan satu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak awal abad ke-20. 

Tari modern dipelopori oleh penari-penari dari Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa Barat yang keluar dari batasan-batasan yang kaku seperti tari balet klasik.

Sejak munculnya tari modern, terus mengalami perkembangannya hingga sekarang. Perkembangan tari modern secara alami dan sesuai dengan tuntutan zaman. 

Perkembangan jenis tarian yang ada didasari oleh kreatifitas dan inovasi yang dilakukan.

Dikutip dari buku Mencipta Lewat Tari Tertulis (1990) karya A.M Hawkins, tari adalah ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam imajinasi dalam bentuk media gerak, sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya.

Hal ini menjadi dasar perkembangan tari sehingga memiliki beberapa jenis.

Baca juga: Tari Modern: Pengertian dan Cirinya

Jenis tarian baik itu modern atau tari tradisi didasarkan pada ciri khas masing-masing dan juga dimana tarian tersebut berkembang.

Tari modern sendiri memiliki keunikan mulai dari gerak, musik iringan, ritme dan lain sebagainya.

Berikut beberapa jenis tari modern:

  • Balet

Menurut Britannica Dictionary of Art, balet adalah seni tari teatrikal yang diajarkan secara sekolah formal yang dipadukan dengan elemen artistik seperti musik, kostum dan dekorasi panggung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X