Kritik Sastra dan Sebutan Kritikus

Kompas.com - 22/06/2020, 13:09 WIB
ilustrasi kritikus shutterstock.comilustrasi kritikus

 

KOMPAS.com - Kritik secara umum dapat ditelusurh dalam khazanah kosa kata bahasa Indonesia.

Kritik diberi arti kecaman, tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangam bahk buruk terhadap satu hasil karya dan pendapat.

Dilansir buku Pembelajaran Kritik Sastra (2019) karya Samsuddin, kritik sastra dalam pengertian kecaman menyarankan pada teguran keras yang ditunjukan pada satu karya baik puisi, drama, maupun prosa.

Teguran merupakan bentuk kritikan yang bersifat keras dan rentang terjadi konflik. Oleh karena itu, untuk menghindari konflik, penyampaian kritik harus beretika. Tidak mengarahkan kritik pada pengarang, namun pada karya.

Sebuah celaan, kecaman, atau kritik yang diarahkan pada hasil karya bukan untuk membungkam kreativitas. Kecaman atau kritik pada hasil karya untuk mendorong tumbuhnya kreatifitas.

Baca juga: Apresiasi dan Kritik Karya Seni Rupa: Pengertian dan Fungsi

Sebutan kritikus

Orang yang memberi kritik dikenal dengan sebutan kritikus. Sesuai pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kritikus adalah orang yang ahli dalam memberikan pertimbangan atau pembahasan tentang baik buruknya sesuatu.

Sebutan kritikus sudah terjadi sejak zaman Yunani Kuno. Pada saat itu, kritik berasal dari krites dalam bahasa Yunani Kuno yang artinya hakim. Kemudian berkembang pada kata kritikos yang artinya hakim karya sastra.

Dalam sastra Latin Klasik, istilah criticus diartikan lebih tinggi. Pada abad pertengahan di Eropa istilah tersebut muncul dalam bidang kedokteran. Untuk menyatakan keadan penyakit yang kritis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X