Mengapa Burung Bisa Terbang Tetapi Manusia Tidak?

Kompas.com - 31/05/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi. FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Burung bisa terbang tetapi manusia tidak karena burung mempunyai anggota badan yang mendukung kemampuan untuk terbang. Tahukah kamu mengapa demikian?

Perbedaan tubuh burung dan manusia

Secara fisik, tubuh manusia dan tubuh burung jelas berbeda. Burung bisa terbang karena mempunyai anggota badan yang mendukung untuk terbang.

Manusia memiliki sepasang tangan dan bukan sepasang sayap seperti yang dimiliki burung.

Bulu-bulu di sayap burung berfungsi untuk menangkap udara, mendorongnya ke bawah. Kepakan sayap burung memberikan dorongan dengan melawan gravitasi.

Bobot burung sangat ringan karena tulang berlubang sedangkan tulang manusia tidak berlubang.

Tulang pada burung berlubang yang membuatnya lebih ringan. Bahkan bulu burung lebih berat dari tulangnya.

Otor-otot burung dirancang secara khusus untuk mendukung kemampuan terbang burung. Otot-otot pada burung dirancangsempurna dengan cara akselerasi udara ke bawah untuk membuat burung terangkat di udara.

Baca juga: Mengapa Burung Tidak Tersengat Listrik di Kabel Listrik?

Sedangkan pada manusia, tulang manusia berat dan otot manusia tidak begitu kuat untuk membantu manusia terbang seperti burung.

Sedangkan bobot tubuh manusia jauh lebih berat daripada bobot burung. Apalagi manusia tidak mempunyai bulu. Itu sebabnya manusia tidak bisa terbang.

Tetapi manusia dikaruniai tangan, kaki, dan otak yang lebih kuat daripada spesies lain.

Halaman:

Sumber Kidpid
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X