Kompas.com - Diperbarui 15/01/2022, 20:57 WIB
Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius. (NASA/JPL)Perhitungan baru menemukan jika jarak planet terdekat dengan Bumi adalah Merkurius.

KOMPAS.com - Tata surya atau solar system merupakan matahari dan kumpulan benda-benda langit yang mengelilinginya. 

Berdasarkan Encyclopaedis Britannica (2015), benda-benda langit yang mengelilingi matahari adalah planet-planet, bulan dan satelit, serta asterois, meteoroid, dan komet

Benda-benda langit ini mengitari matahari secara teratur sesuai sistem orbit. Hal ini karena adanya gaya gravitasi matahari. 

Gaya gravitasi matahari lebih besar dari gaya gravitasi benda langit lainnya. Oleh karena itu, benda-benda langit yang lain mengelilingi matahari.

Tata surya yang menaungi bumi beserta isinya, berada di salah satu galaksi yang disebut Galaksi Bimasakti (Milky Way). Tata surya sendiri hanyalah satu bagian kecil di alam semesta yang sangat luas

Baca juga: Mengapa Tidak Semua Planet di Tata Surya Dapat Ditinggali Manusia?

Benda-benda di tata surya

Berikut benda-benda yang ada di tata surya:

Matahari

Matahari adalah bola gas raksasa yang menjadi pusat tata surya. Matahari adalah benda langit yang terbesar.

Panas yang dihantarkan matahari membuat adanya kehidupan di bumi. Tanpa matahari, bumi akan sangat dingin dan tanpa kehidupan.

Model sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif.Ignacio Ferrin / University of Antioquia Model sabuk asteroid di antara Mars dan Jupiter dengan adanya komet aktif.

Planet

Planet adalah benda langit dalam tata surya yang tidak memancarkan cahayanya sendiri. Planet beredar mengelilingi matahari dalam lintasan berbentuk elips yang disebut dengan orbit.

Perputaran planet mengelilingi matahari disebut revolusi. Sementara perputaran planet pada porosnya disebut rotasi.

Baca juga: Ciri-ciri Planet di Tata Surya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.