Mengapa Semut Bisa Mengangkat Beban Berat?

Kompas.com - 09/05/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi. SkepticsIlustrasi.

KOMPAS.com - Semut bisa mengangkat beban berat melebihi bobot tubuhnya. Tahukah kamu mengapa semut bisa mengangkat beban berat padahal tubuhnya kecil dan ringan?

Mengapa semut bisa mengangkat beban berat?

Seekor semut pekerja dapat mengangkat benda yang beratnya 5-10 kali beratnya sendiri. Juga dapat menarik benda yang beratnya 20-50 kali lebih berat dari semut itu sendiri.

Melansir Entomology Today, Asisten Profesor Teknik Mesin dan Kedirgantaraan di The Ohio State University, Carlos Castro mengatakan, semut mempunyai sistem mekanis luar biasa.

Semut sangat kuat dalam skala kecil karena tubuh semut sangat ringan.

Di dalam eksoskeleton kerasnya, otot semut tidak harus memberikan banyak dukungan. Sehingga semut bebas menerapkan semua kekuatannya untuk mengangkat benda lain.

Baca juga: Mengapa Unta Mudah Berjalan di Pasir?

Sebaliknya, manusia membawa beban yang relatif berat karena berat badannya.

Dengan otot-otot yang menopang berat badannya, manusia tidak memiliki sisa kekuatan yang memadai untuk mengangkat benda lain.

Mengutip How It Works, alasan mengapa semut dapat mengangkat beban berat adalah karena konsep fisika yang disebut penskalaan (scaling).

Sebenarnya, otot semut tidak lebih kuat dari otot manusia. Tetapi keuntungan semut adalah ukuran tubuhnya yang kecil.

Semut dapat mengangkat begitu banyak beban karena rasio antara ukuran tubuh dan massa tubuhnya.

Baca juga: Mengapa Kucing Mengubur Kotorannya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X