Mengapa Kucing Mengubur Kotorannya?

Kompas.com - 04/04/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi. AlbinaTiplyashina/iStock/GettyImagesIlustrasi.

KOMPAS.com - Kucing memiliki insting alami yaitu mengubur kotoran karena kucing terobsesi dengan kebersihan. Tetapi benarkah hanya itu alasannya?

Mengutip Live Science, perilaku kucing mengubur feses dengan  bermula dari sejarah panjang kucing yang menggunakan urin dan feses untuk menandai wilayah.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kucing mengubur kotorannya:

Dominasi dan ketundukan

Di alam liar, kucing dominan tidak mengubur kotorannya. Melainkan membiarkan kotoran di tempat terbuka sebagai cara memberi sinyal dalam mengklaim suatu wilayah.

Baca juga: Mengapa Hewan Pura-pura Mati?

Kucing dominan dari genus Panthera seperti singa, harimau, macan tutul dan jaguar seringkali bersaing dalam perebutan wilayah. Kucing dari genus tersebut tidak mengubur kotorannya sebagai cara memberi sinyal untuk mengklaim wilayah.

Sebaliknya, kucing yang patuh atau lemah akan mengubur kotoran sebagai cara untuk memastikan kucing dominan di daerah itu tidak merasa terancam atau tertantang.

Kucing yang terdomestikasi (Felis catus) memiliki insting kuat dan melindungi diri. Meski tidak ada predator di rumah, kucing domestik akan mengubur kotorannya untuk berjaga-jaga.

Dalam Catlore karya ahli zoologi dan etologi Desmond Morris, semua kucing domestik di rumah merasa sebagai bawahan majikan manusia. Dalam keadaan normal, kucing domestik menggunakan litter box atau mengubur kotoran di taman.

Baca juga: Mengapa Ada Hewan yang Menjadi Simbol Kejahatan?

Menutupi jejak

Kucing liar juga mengubur feses agar tidak menarik perhatian predator ke diri mereka sendiri dan anak-anak kucing miliknya.

Insting untuk menutupi jejak lebih kuat pada kucing domestik. Sebab, meski bagi manusia bau kotoran kucing hampir sama tetapi tidak untuk kucing.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X