Bisnis Hidroponik, Rangkuman Jawaban Belajar dari Rumah TVRI

Kompas.com - 06/05/2020, 09:05 WIB
Lantip Kurniawan, petani hidroponik asal Sleman, Yogyakarta yang berhasil mengatasi tantangan dan memasarkan produknya. Kementerian PertanianLantip Kurniawan, petani hidroponik asal Sleman, Yogyakarta yang berhasil mengatasi tantangan dan memasarkan produknya.

KOMPAS.com -Program Belajar dari Rumah untuk kelas 1-3 SMA dan sederajat kembali ditayangkan di TVRI, 6 Mei 2020. Tayangan hari ini membahas bisnis hidroponik.

Ada dua tayangan yang ditampilkan. Di akhir tiap tayangan, ada pertanyaan yang diajukan. Berikut pembahasan jawabannya!

Soal: Jelaskan bagaimana cara petani hidroponik tersebut mengatasi tantangan dan memasarkan hasil pertaniannya?

Jawaban: Petani tersebut, Lantip Kurniawan dari Kiel's Farm di Sleman, Yogyakarta, menemui beberapa tantangan ketika menjadi petani hidroponik.

Salah satunya material yang masih harus impor. Media tanam rockwool masih kerap kekurangan suplai.

Lantip mengatasinya dengan membuat gully atau wadah tanam sendiri. Gully buatan Lantip diproduksi dari material terbaik sehingga bisa tahan tujuh tahun dan anti sinar UV.

Gully lokal buatannya tidak kalah dengan yang impor, dan harganya lebih murah.

Selain itu, tantangan lain yang dihadapi yakni mengendalikan suhu air. Inti dari tanaman hidroponik adalah air. Sebisa mungkin, air harus berada di bawah 30 derajat celsius.

Sebab ini akan memengaruhi proses penyerapan yang dibutuhkan tanaman. Penyerapan bisa tidak optimal jika suhu air tinggi.

Namun Lantip berhasil mengatasinya dengan membuat instalasi yang terstandarisasi. Tandon air untuk tanaman hidroponiknya ditanam di tanah agar tidak kepanasan. Kapasitasnya pun diperbesar.

Kemudian pada siang hari, dilakukan pengkabutan agar suhunya terjaga dan berpengaruh pada nutrisi.

Untuk pemasaran, Lantip menyalurkan kepada masyarakat di sekitar. Ia juga menawarkan ke teman-teman komunitasnya untuk menjualkan produknya.

Khususnya pemilik usaha kuliner. Ia menjadi pemasok bagi restoran yang memiliki menu salad dan sayuran.

Baca juga: Cara Petani Hidroponik Mengatasi Tantangan, Jawaban Soal TVRI 6 Mei

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X