Kompas.com - Diperbarui 06/01/2022, 12:34 WIB

KOMPAS.com - Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, peserta didik tetap bisa belajar dari rumah. Salah satunya lewat Program Belajar dari Rumah TVRI. 

Pada 6 Mei 2020, Program Belajar dari Rumah TVRI untuk SD Kelas 1-3 mengangkat tema tematik Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa (Menolong Martha). 

Berikut ringkasan materinya: 

Martha sedih tidak bisa jenguk oma

Mama Martha mendapat kabar bahwa ma masuk rumah sakit. Martha yang saat itu juga mendengar kabarnya juga ingin pulang ke Ambon untuk menjenguk ma. Namun, Mama Martha tidak mengizinkan Martha. 

Pasalnya, Martha ada ulangan minggu depan di sekolah. Selain itu harga tiket pesawat ke Amobin cukup mahal dan Mama Martha harus membawa banyak uang untuk pengobatan ma. Martha kemudian nampak sedih. 

Baca juga: Apa yang Kalian Lakukan untuk Ikut Mengisi Kemerdekaan? Jawaban Soal TVRI 18 Agustus SD Kelas 1-3

Dengan muka lesu dan hati yang sedih, Martha bermain ke rumah Nisa. Karena mengerti alasan Martha sedih, Nisa kemudian mengajak Martha bertemu dengan Kakak Dewi. 

Setelah bertemu, Martha menanyakan tiket pesawat untuk ke Ambon. Kakak Dewi pun mengecek lewat HP dan ternyata harganya sekitar Rp 1,3 juga. 

Transportasi ke Ambon

Nisa, Wayan dan Chandra menyerahkan uang jajan yang berhasil dikumpulkan kepada Martha untuk menambah uang untuk membeli tiket pesawat ke Ambon sebesar Rp 1.800.

Martha menghargai sikap teman-temannya dengan memuji kebaikan mereka. Lalu bertanya kepada Kak Dewi apakah uang yang dikumpulkan cukup? Kak Dewi berkata uang itu tidak cukup untuk membeli tiket pesawat ke Ambon.

Nisa bertanya kepada Kak Dewi apa tidak bisa ke Ambon naik bis agar lebih murah, Wayan juga bertanya kepada Kak Dewi apa tidak bisa ke Ambon naik kereta saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.