Mengapa Orang Suka Selfie?

Kompas.com - 29/02/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi selfie. iStockphotoIlustrasi selfie.

KOMPAS.com - Kebanyakan orang pasti suka mengambil foto diri sendiri alias selfie untuk diunggah di media sosial. Tahukah kamu mengapa ada orang terobsesi foto selfie?

Perilaku obsesi dengan foto diri sendiri untuk diunggah di media sosial untuk dilihat oleh orang lain bisa disebut sebagai narsis. Istilah narsis berasal dari bahasa Inggris narcissism.

Asal kata narsissism dari mitos Romawi Kuno. Alkisah seorang pemuda bernama Narcissus jatuh cinta pada bayangan dirinya sendiri di air. Kemudian ia menjadi gila hingga bunuh diri.

Menurut Kamus Lexico, narsisme adalah minat berlebihan atau kekaguman pada diri sendiri dan penampilan fisik seseorang.

Dikutip dari Science ABC, psikolog mempelajari bahwa narsisme adalah persoalan serius. Narsisme adalah keadaan pikiran yang membuat seseorang berpikir bahwa keberadaan dirinya lebih berharga daripada orang lain.

Baca juga: Mete Itu Kacang atau Buah?

Jenis narsisme

Narsisme dapat terjadi dalam dua cara yaitu narsisme muluk atau megah (grandiose narcissism) dan narsisme rapuh atau rentan (vulnerable narcissism).

  • Grandiose narcissism

Narsisme yang megah memiliki semua ciri klasik terkait dengan narsisme. Antara lain ekstroversi, kebutuhan menjadi pusat perhatian dan kecenderungan mendominasi setiap hubungan.

Seseorang yang menderita narsisme jenis ini lebih cenderung mengejar jalan kekuasaan atau ketenaran, seperti menjadi selebritis atau politisi. Ciri utama narsis jenis ini adalah hanya untuk meningkatkan status diri sendiri dan mendapatkan pengakuan dari orang lain.

  • Vulnerable narcissism

Sebaliknya, narsisme rapuh sangat berbeda. Orang-orang yang termasuk narsis jenis ini adalah pendiam dan tenang tetapi memiliki perasaan hak yang sangat kuat.

Orang dengan narsisme rentan merasa diremehkan jika ada yang bertentangan dengan sudut pandang atau perspektif yang diyakininya. Narsisis rentan kesulitan mempertahankan hubungan sehat karena berharap terlalu banyak dari orang lain.

Baca juga: Apa yang Membuat Video Viral?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X