Hakikat NKRI

Kompas.com - 21/02/2020, 16:45 WIB
Keluarga besar Harokah Islam, eks Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), dan eks Negara Islam Indonesia (NII) mengucap ikrar setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika di Gedung Kementerian Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKeluarga besar Harokah Islam, eks Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII), dan eks Negara Islam Indonesia (NII) mengucap ikrar setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika di Gedung Kementerian Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

KOMPAS.com - Sebagai sebuah negara, maka setiap negara di dunia ini dalam perjalanan dan perkembangannya sudah tentu akan menemui berbagai persoalan.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, berbagai persoalan negara juga terjadi pada negara sebesar dan seluas Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI).

Warga negara harus mampu mendalami kembali pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara serta hakikat NKRI untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga dapat menghadapi globalisasi dengan tetap menjaga keutuhan NKRI dengan baik.

Tahukah kamu apa hakikat NKRI?

Baca juga: NKRI: Latar Belakang, Makna dan Tujuan

Hakikat NKRI

Hakikat Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern, pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan dan nasionalisme.

Yaitu pada suatu tekad masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama. Walaupun warga masyarakat terdiri dari agama, ras, etnik dan golongan yang berbeda-beda.

Negara kesatuan adalah negara yang di dalamnya tidak ada negara. Jadi, dalam NKRI tidak akan mempunyai bagian di dalamnya ebrsama negara. Sebagaimana negara federasi atau serikat.

Bentuk NKRI tidak boleh diubah lagi menjadi bentuk lain. Hal ini sesuai dengan landasan hukum yang berlaku.

Undang-undang Dasar 1945 pasal 37 ayat 5 menegaskan "Khusus mengenai bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat dilakukan perubahan".

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X