Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Bendera Indonesia dan Monako

Kompas.com - 16/01/2020, 08:00 WIB
Ari Welianto

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia dan Monako memiliki kesamaan dalam hal bendera kebangsaan.

Bendera kedua negara sama-sama berwarna Merah dan Putih. Masalah itu sempat menjadi perdebatan antara kedua negara.

Meski sama-sama berwarna merah putih. Namun bendera kedua negara tersebut memiliki perbedaan, termasuk makna yang terkandung di dalamnya.

Ukuran

Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, bendera merah putih ini berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran 2:3 dari panjang. Bendera merah putih ini merangkum nilai-nilai kepahlawanan, patriotisme, dan nasionalisme.

Baca juga: Viral Polisi Surabaya Selamatkan Bendera Merah Putih Saat Hujan Lebat

Sementara bendera Monako mempunyai ukuran 4:5. Perbedaan bendera Monako dan Indonesia ada pada ukuran atau perbandingan antara panjang dan lebarnya.

Bendera Monako sangat identik dengan House of Grimaldi. Grimaldi adalah sebuah dinasti yang berperan dalam sejarah berdirinya negara tersebut.

Bahkan bendera kedua negara tersebut sama dengan bendera Polandi. Namun bendera Polandia posisi warnanya terbalik, puti di atas sedangkan merah di bawah.

Makna

Negara kedua tersebut memiliki makna yang berbenda. Makna negara Indonesia, merah artinya berani dan putih beratu suci.

Warna merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan.

Baca juga: Bendera Merah Putih: Arti, Sejarah dan Maknanya

Bendera Indonesia dijadikan sebagai simbol negara dan penggunaannya juga diatur. Dalam Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lembaga Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Pada pasal 1, ayat (1) dijelaskan dalam UU yang dimaksud Bendera Negara Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Bendera Negara adalah Sang Merah Putih.

Untuk ukuran bendera juga telah ditetapkan dalam Pasal 4 ayat (3), disebutkan ukuran penggunaan di lapangan Istana Kepresidenan, yakni 200 x 300 meter.

Sementara itu warna merah dan putih pada bendera Monako sudah menjadi ciri khas keluarga Grimaldi sejak 1339. Desainnya sering berubah-ubah.

Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), Monako mempunyai lambang negara dengan gambar pangeran yang unsur-unsur desain utamanya berasal dari ratusan tahun yang lalu.

Bentuknya sekarang lebih sederhana dan mulai digunakan sejak 4 April 1881. Bendera Monako memang sejak awal menampilkan banyak variasi grafis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com