Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

25 Peribahasa Bahasa Sunda dan Artinya

KOMPAS.com - Bahasa Sunda adalah sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam rumpun bahasa Austronesia, yang mayoritas digunakan oleh masyarakat Jawa Barat.

Bahasa Sunda memiliki banyak peribahasa yang menjadi suatu kearifan lokal, dalam masyarakat Sunda.

Nah, sebelum mengetahui peribahasa dalam bahasa Sunda, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu pengertian dari peribahasa.

Pengertian peribahasa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang susunannya tetap sama dan biasanya mengiaskan maksud tertentu.

Sedangkan secara linguistik, peribahasa diartikan sebagai suatu penggalan kalimat yang telah memiliki bentuk, makna, dan fungsinya dalam masyarakat. 

Maka dapat ditafsirkan bahwa peribahasa merupakan kata-kata yang disusun menjadi ungkapan ucapan yang di dalamnya mengandung suatu makna tersirat.

Peribahasa ditujukan untuk mematahkan lawan bicara, menyindir, memuji, menasihati atau mengejek seseorang secara halus.

Peribahasa juga merupakan salah satu sumber pendidikan moral bagi masyarakat, sebab ungkapannya mengandung kebijaksanaan, kebenaran, kebaikan, ajaran moral dan pandangan-pandangan hidup tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Setiap bahasa daerah tentu memiliki peribahasanya masing-masing, begitu pula dengan Bahasa Sunda. 

Contoh peribahasa bahasa Sunda beserta artinya

Bahasa Sunda memiliki banyak peribahasa, di mana nilai-nilai dalam peribahasa bahasa Sunda mencakup nilai-nilai norma, pendidikan, sejarah, kebudayaan, dan sebagainya.

Adapun contoh peribahasa bahasa Sunda antara lain:

Referensi:

  • Djajasudarma T.F., dkk. 1997. Nilai Budaya dalam Ungkapan Peribahasa Sunda. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
  • Nugraha, Haris Santosa. 2013. Paribasa Sunda (Ulikan Struktur, Semantis, jeung Psikolinguistik). (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
  • Siti Kodariah dan Gugun Gunardi. Nilai Kearifan Lokal Dalam Peribahasa Sunda: Kajian Semiotika. Patanjala: Vol. 7 No. 1.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/03/010000269/25-peribahasa-bahasa-sunda-dan-artinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke