Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Contoh Negara Maju di Eropa

KOMPAS.com - Benua Eropa secara geografis, terletak di sebelah utara Afrika. Berbatasan dengan Samudra Atlantik, Pegunungan Ural, Turki, serta beberapa laut.

Eropa sering dijuluki Benua Putih. Karena sebagian besar masyarakat atau penduduknya berkulit putih.

Dikutip dari buku Benua dan Samudra (2019) Mulyadi, salah satu karakteristik Benua Eropa adalah hampir semua negaranya merupakan negara maju.

Hal ini tecermin dari penggunaan teknologi, transportasi, keadaan logistik, kondisi ekonomi, hingga kegiatan ekspor serta impornya.

Menurut Ali Musa Harahap dalam buku Mengenal Hubungan Internasional Madani (2022), berikut lima contoh negara maju di Eropa:

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang contoh negara maju di Eropa:

Dilansir dari situs Investopedia, Spanyol merupakan contoh negara maju di Eropa. Karena memiliki PDB (Produk Domestik Bruto) yang baik, juga tingkat melek huruf yang tinggi.

Diperkirakan angka melek hurufnya mencapai 98 persen. Selain itu, sistem kesehatannya juga menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Negara ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Pada 2021, Perancis memiliki jumlah PDB terbesar ketujuh di dunia.

Sektor ekonomi, seperti pariwisata, manufaktur, hingga obat-obatan, turut menunjang pendapatan serta pertumbuhan ekonomi Perancis.

Dalam situs Civic Nation, Inggris menjadi salah satu contoh negara maju di Eropa.

Pada 2020, Inggris dan Irlandia Utara menjadi negara terbesar kelima berdasarkan produk domestik brutonya.

Negara ini sangat menggantungkan hidupnya pada sektor jasa, terutama perbankan, asuransi dan layanan bisnis.

Negara ini juga kuat secara ekonomi. Standar hidupnya pun tergolong tinggi untuk sebagian besar penduduknya.

Salah satu kunci keberhasilan negara ini adalah angka harapan hidupnya yang tinggi. Pada 2020, tingkat harapan hidup warga negara ini mencapai 81 tahun.

Adalah salah satu contoh negara maju di Eropa. Swedia menjadi negara dengan masyarakat pasca-industri paling maju di dunia.

Warga negara ini memiliki akses gratis ke perawatan kesehatan juga pendidikan tinggi. Kualitas hidupnya pun tinggi, sementara angka penganggurannya rendah.

Selain kelima negara di atas, contoh negara maju di Eropa lainnya adalah Austria, Belgia, Denmark, Italia, dan Finlandia.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/12/27/100000469/5-contoh-negara-maju-di-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke