Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Sajakah Ruang Lingkup Sosiologi?

KOMPAS.com - Sosiologi adalah ilmu sosial yang mengkaji soal individu dan masyarakat. Mulai dari interaksi hingga permasalahannya.

Sebagai cabang ilmu sosial, sosiologi memiliki ruang lingkupnya sendiri. Ruang lingkup tersebut sangatlah luas dan kompleks.

Karena ruang lingkup kajiannya mencakup semua interaksi masyarakat. Berbeda halnya dengan sejarah, ekonomi, atau antropologi yang ruang lingkupnya dibatasi aspek tertentu.

Ruang lingkup sosiologi

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ruang lingkup sosiologi adalah:

Menurut Diani Ayu Pratiwi, dkk dalam buku Konsep Dasar IPS (2021), ruang lingkup sosiologi adalah hubungan manusia dalam kelompok masyarakat.

Tiap kelompok masyarakat tentunya memiliki interaksi juga perkembangan sosialnya masing-masing. Ini menyebabkan perbedaan di antara sejumlah kelompok.

Soerjono Soekanto membagi ruang lingkup sosiologi menjadi dua jenis, yakni sosiologi umum dan sosiologi khusus.

  • Sosiologi umum

Adalah ruang lingkup sosiologi yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku manusia pada umumnya, termasuk hubungan antarmasyarakat.

  • Sosiologi khusus

Adalah ruang lingkup sosiologi yang mempelajari dan menyelidiki berbagai sektor kehidupan masyarakat dari berbagai segi kehidupan.

Contoh sosiologi khusus, antara lain sosiologi pendidikan, sosiologi perkotaan, sosiologi pedesaan, sosiologi hukum, dan sosiologi politik.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/08/24/100000469/apa-sajakah-ruang-lingkup-sosiologi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke