Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fisika sebagai Produk

KOMPAS.com – Fisika adalah ilmu yang mendasari kehidupan. Berdasarkan hakikatnya, ilmu fisika dapat dilihat sebagai produk. Apa yang dimaksud dengan fisika sebagai produk?

Fisika sebagai produk adalah sekumpulan pengetahuan hasil mempelajari ilmu fisika. Fisika sebagai produk dapat berupa model, teori, hukum, rumus, fakta, konsep, dan juga prinsip. Berikut adalah penjelasan fisika sebagai produk!

Model

Model adalah salah satu bentuk fisika sebagai produk. Dilansir dari Thought Co, model adalah situasi ketika suatu hipotesisi memiliki keterbatasan dalam validitasnya.

Model membantu untuk memahami peristiwa fisika yang kompleks ke dalam bentuk yang sederhana untuk mendapatkan pemahaman awal atau konsep dari peristiwa tersebut.

Hukum

Fisika sebagai produk selanjutnya adalah hukum. Fisika melahirkan berbagai jenis hukum.

Dilansir dari Chemistry Libretexts, hukum fisika adalah aturan tenyang bagaimana alam akan berperilaku dalam kondisi tertentu.

Hukum terlahir dari bukti-bukti percobaan ilmiah. Hukum biasanya ditulis ke dalam persamaan ilmiah tertentu.

Teori

Teori adalam produk yang mencoba menjelaskan bagamana suatu peristiwa fisika terjadi.

Jika hukum menggambarkan bagaimana alam akan berperilaku, maka hukum menjelaskan mengapa alam melakukan perilaku tersebut.

Rumus

Rumus adalah persamaan fisika yang telah diringkas. Rumus biasanya lahir dari hukum dan digunakan untuk menghitung suatu peristiwa fisika yang terjadi di alam.

Tidak hanya berupa rumus perhitungan, rumus fisika juga dapat berupa rumus kimia. Misalnya, natrium klorida yang memiliki rumus NaCl. 

Fakta

Fisika sebagai produk yang selanjutnya adalah fakta. Fakta merupakan hasil pengamatan fisika yang terjadi dan tidak dapat terbantahkan. Fakta mendukung berbagai produk fisika lainnya.

Prinsip

Bentuk fisika sebagai produk yang terakhir adalah prinsip. Dilansir dari Sciencing, prinsip adalah aturan atau mekanisme di mana fenomena fisika tertentu terjadi.

Bedanya dengan hukum, prinsip memiliki lebih banyak persyaratan untuk dapat terjadi. Prinsip bersifat lebih spesifik daripada hukum.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/27/120000869/fisika-sebagai-produk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke