Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teori Kesenjangan Pengetahuan: Pengertian dan Asumsinya

KOMPAS.com - Teori kesenjangan pengetahuan (knowledge gap theory) lahir akibat meningkatnya arus informasi di media massa.

Secara teoretis, peningkatan ini menguntungkan tiap individu dalam masyarakat. Karena mempermudah pencarian informasi dan memperluas wawasan mereka.

Namun jika ditelusur lebih jauh, ada kesenjangan yang terjadi di balik kemudahan akses informasi dan luasnya wawasan masyarakat.

Pengertian teori kesenjangan pengetahuan

Dilansir dari situs Communication Theory, penggagas teori ini, yaitu Phillip Tichenor, George A. Donohoue, dan Clarice N. Olien pada 1970, mendefinisikan teori kesenjangan pengetahuan sebagai berikut:

"Teori kesenjangan pengetahuan sebagai masukan informasi media massa ke dalam sistem sosial, di mana mereka yang memiliki status sosial ekonomi lebih tinggi cenderung memperoleh informasi lebih cepat, dibanding mereka yang berstatus sosial ekonomi rendah."

Menurut Dyah Gandasari, dkk dalam buku Pengantar Komunikasi Antarmanusia (2022), teori kesenjangan pengetahuan adalah teori yang menyatakan bahwa seiring bertambahnya pengetahuan, akan meningkat pula kesenjangan.

Banyak ahli yang menyebutkan bahwa meningkatnya informasi bisa memperluas wawasan atau pengetahuan seseorang.

Namun, tak sedikit pula yang berpendapat bahwa peningkatan informasi akan menimbulkan jarak (kesenjangan) di antara berbagai kelompok sosial.

Asumsi teori kesenjangan pengetahuan

Dikutip dari jurnal Teori Komunikasi Massa (Analisis Kontemporer terhadap Teori Information Gaps) (2013) karya Yusri, asumsi teori kesenjangan pengetahuan adalah:

"Ketika arus informasi dalam sebuah sistem sosial meningkat, mereka yang berpendidikan dan berstatus sosial lebih tinggi akan lebih cepat dan mudah menyerap informasi, dibanding mereka yang kurang berpendidikan atau berstatus sosial ekonomi rendah."

Tichenor, Donohue, dan Olien menyatakan bahwa peningkatan informasi akan memperlebar jurang atau celah pengetahuan yang ada.

Guna membuktikan bahwa asumsinya tepat, ketiga tokoh ini memaparkan lima alasan pentingnya, yaitu:

https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/22/100000669/teori-kesenjangan-pengetahuan--pengertian-dan-asumsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke