Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Hujan Meteor Berbahaya?

KOMPAS.com – Hujan meteor adalah fenomena alam yang terjadi hampir setiap tahun dan dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan alat. Namun, apakah hujan meteor berbahaya? Berikut adalah penjelasannya!

Dilansir dari NASA Solar System Exploration, sekitar 48,5 ton meteorit jatuh ke bumi setiap harinya. Namun, jumlah tersebut dapat meningkat secara dramatis membentuk peristiwa hujan meteor.

Meteor terbakar di mesosfer

Artinya, sepanjang tahun bumi mengalami kejatuhan meteor dan selalu ada hujan meteor setiap tahunnya. Namun, tidak ada kerusakan di permukaan bumi akibat hujan meteor.

Dilansir dari NASA Space Place, meteorit yang jatuh ke bumi biasanya berukuran kecil dari sebesar partikel debu hingga seukuran batu besar. Ukurannya yang kecil membuat hujan meteor tidak berbahaya bagi bumi.

Adapun, ukuran meteorit yang sedikit lebih besar tetap tidak berbahaya karena bumi dilindungi oleh lapisan mesosfer, terutama mesosfer.

Dilansir dari National Geographic, lapisan mesosfer berada sekitar 50 hingga 80 kilometer di atas permukaan bumi.

Lapisan mesosfer memiliki kepadatan udara yang cukup untuk bergesekan dengan meteor. Gesekan tersebut kemudian menghasilkan panas dan memercikan api yang kemudian membakar meteorit.

Pembakaran meteorit akan menghasilkan jejak terang yang terlihat di langit dan biasa dikenal sebagai bintang jatuh.

Lalu seberapa besar meteorit yang dapat berbahaya bagi bumi?

Lapisan atmosfer bumi masih dapat melindungi bumi dari meteorit dengan diameter hingga 25 meter. Sehingga, meteor tersebut tidak sampai ke bumi.

Adapun dilansir dari NASA, meteorit berukuran lebih besar dari 25 meter dan lebih kecil dari satu kilometer dapat menabrak permukaan bumi dan menyebabkan kerusakan lokal pada area tumbukan.

Sedangkan, meteorit dengan ukuran diameter satu atau dua kilometer lebih dapat berbahaya dan memberikan efek global pada bumi.

Namun, meteor pada sabuk utama tidak memiliki ukuran sebesar itu. Sehingga, hujan meteor biasanya hanya mengandung meteorit berukuran kecil dan tidak berbahaya bagi bumi.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/30/130000569/apakah-hujan-meteor-berbahaya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke