Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Perdagangan antara Indonesia dengan Negara-Negara Lain

KOMPAS.com - Perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain dapat disebut perdagangan antarnegara atau perdagangan internasional.

Indonesia menjalin kerja sama perdagangan dengan beberapa negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Australia, Rusia, Inggris, Jepang, Belanda, dan masih banyak lagi.

Menurut Mohammad Yusuf dan Dewi Mahrani Rangkuty dalam jurnal Analisis Neraca Perdagangan Indonesia-India Periode 2013-2018 (2019), perdagangan adalah kegiatan ekonomi yang menghubungkan produsen dengan konsumen.

Sedangkan, perdagangan antarnegara atau perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli yang dilakukan oleh individu atau pemerintah antarnegara. Contohnya kegiatan ekspor dan impor barang.

Manfaat perdagangan antara Indonesia dengan negara lain

Manfaat perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain adalah membantu memenuhi atau mendapatkan barang dan jasa yang tidak tersedia di dalam negeri.

Contohnya Indonesia tidak memiliki sumber daya dan tenaga ahli yang cukup untuk memproduksi kendaraan bermotor. Maka dari itu, Indonesia mengimpor kendaraan bermotor dari negara lain, seperti Jepang.

Selain membantu mendapatkan barang dan jasa yang tidak tersedia di dalam negeri, berikut ini beberapa manfaat perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain:

Membantu meningkatkan penghasilan negara

Dikutip dari buku Menembus Pasar Ekspor, Siapa Takut (2010) karya Budhi Wibowo dan Adi Kusrianto, perdagangan antarnegara, khususnya kegiatan ekspor, dapat meningkatkan penghasilan negara.

Mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri

Perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain dapat mendorong kegiatan ekonomi dalam negeri. Contoh, meningkatnya produksi barang industri, meningkatnya penggunaan jasa, meningkatnya produksi hasil perkebunan dan perikanan, dan lain-lain.

Memperluas lapangan pekerjaan

Meningkatnya kegiatan ekonomi dalam negeri, secara langsung memengaruhi ketersediaan lapangan pekerjaan yang semakin luas dan beragam. Karena semakin tinggi jumlah produksi barang dan jasa, tenaga kerja yang dibutuhkan akan semakin banyak pula.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia

Perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara lain juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Agar barang dan jasa mampu bersaing dalam perdagangan antarnegara, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Secara tidak langsung, perdagangan antarnegara akan meningkatkan daya saing serta kemampuan sumber daya manusia.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/29/170000069/manfaat-perdagangan-antara-indonesia-dengan-negara-negara-lain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke