Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kita Harus Bekerja Sama dalam Membangun Kehidupan Kebangsaan

KOMPAS.com – Dalam kehidupan berbangsadan bernegara, seorang warga negara tidak lepas dari warga negara lainnya

Hal tersebut terjadi karena manusia adalah makhluk sosial yang harus bekerja sama dalam kehidupan. Mengapa kita perlu melakukan kerja sama dalam membangun kehidupan kebangsaan?

Kerja sama membangun kebangsaan

Kita perlu melakukan kerja sama dalam membangun hubungan kebangsaan agar terwujud kehidupan yang rukun dan harmonis antarwarga negara.

Kerja sama merupakan hal yang mempersatukan bangsa Indonesia. Mengingat Indonesia terbentuk dari masyarakat dengan perbedaan wilayah, adat istiadat, agama, dan juga kebudayaan.

Menurut M. Syamsudin dan kawan-kawan dalam buku Pendidikan Pancasila: Menempatkan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan (2009) perbedaan tersebut tidak dijadikan alasan untuk berselisih tetapi justru menjadi daya tarik ke arah kerja sama, menjadi satu kesatuan yang lebih harmonis.

Dari kerja sama itulah, terlahir persatuan bangsa yang dicirikan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Tanpa adanya kerja sama antarmasyarakat, tidak akan ada persatuan dan kesatuan yang melahirkan bangsa Indonesia.

Sehingga, kerja sama merupakan jati diri bangsa yang tertuang dalam Sila ke-3 Pancasila yitu “Persatuan Indonesia”.

Kerja sama mencapai cita-cita bangsa

Kita juga perlu bekerja sama dalam kehidupan kebangsaan untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia. Cita-cita tersebut tertuang dalam alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai berikut:

“Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.”

Menurut Kolonel Inf Sammy Ferrijana, dkk dalam Modul Wawasan Kebangsaan dan Nilai-nilai Dasar Bela Negara (2016) menyebutkan cita-cita luhur tersebut merupakan visi atau cita-cita sepanjang masa yang harus selalu diupayakan atau digapai.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia juga membangun Indonesia menjadi negara yang adil dan makmur, kita perlu bekerja sama antarwarga negara.

Sebagai warga Indonesia, kita harus bekerja sama mempererat persatuan dan kesatuan untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, rukun, harmonis, sejahtera, adil, dan makmur.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/19/100000269/alasan-kita-harus-bekerja-sama-dalam-membangun-kehidupan-kebangsaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke