Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Keunggulan Transaksi secara Daring

KOMPAS.com – Modern ini, transaksi online atau daring banyak diminati oleh masyarakat karena kemudahannya.

Dilansir dari Statista, pada tahun 2020 lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia membeli barang atau jasa secara transaksi online. Berikut keunggulan transaksi secara daring:

Modal relatif rendah

Keunggulan bisnis dan transaksi daring adalah modal awal yang relatif rendah. Hal ini karena bisnis daring tidak memerlukan toko fisik maupun pelayanan fisik secara langsung pada pelanggan.

Sebagai gantinya, binis daring menggunakan segala macam fasilitas internet yang jauh lebih murah dibanding membangun toko fisik.

Jangkauan bisnis yang tidak terbatas

Disadur dari Business Queensland, transaksi online memberikan jangkauan binis luas hingga akses global selama 24 jam dan tujuh hari seminggu.

Transaksi daring dilakukan melalui jaringan internet, yang menghubungkan lebih dari setengha populasi manusia di seluruh penjuru dunia.

Sehingga jangkauan bisnisnya juga luas yaitu mencakup seluruh pengguna internet. Akses antara konsumen dan penjual juga dapat dilakukan selama 24 jam penuh, selama terhubung dalam jaringan internet.

Penyampaian informasi yang lebih mudah dan cepat

Transaski daring memudahkan penyampaian informasi. Informasi dari pembali ke penjual dan sebaliknya dilakukan secara real time menggunakan internet.

Peningkatan profesionalisme

Kemudahan informasi antarpelanggan dan penjual juga menuntut penjual untuk meningkatkan profesionalismenya. Persaingan yang kuat dalam dunia digital juga turut serta mendorong profesionalitas penjual dalam melayani pembelinya.

Hal tersebut secara tidak langsung dapat membentuk citra perusahaan yang baik dan kredibel di mata masyarakat.

Perbandingan harga dan kualitas

Transaksi dari memudahkan calon pembeli untuk membandingkan harga dan kualitas barang yang akan dibeli.

Pembeli cenderung membeli barang dengan kualitas sama namun harga yang paling rendah. Atau barang dengan harga sama, namun kualitas lebih tinggi.

Lebih hemat

Transaksi daring dilakukan di rumah atau tempat di mana pun kita berada sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pergi ke suatu tempat. Transaksi daring juga seringkali memberikan potongan harga, sehingga membuatnya jauh lebih hemat.

Berbagai metode pembayaran

Transaski secara online lebih banyak dipilih karena memiliki berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menurut Adi Sulistyo dalam buku E-Commerce: Teori dan Implementasi (2016), transasksi daring dapat menggunakan jeni pembayaran transfer melalui bank, kartu kredit, bayar saat barang diterima (cash on delivery), rekening bersama (escrow), paypal, dan potongan pulsa.

Keamanan transaksi yang lebih terjamin

Transaksi daring memberikan keamanan transaksi yang lebih terjamin daripada transaksi secara luring (offline). Dilansir dari Forbes, pembayaran digital menawarkan keamanan lebih, beberapa transaksi bahkan memerlukan autentifikasi multifaktor untuk melakukan pembayaran.

Setiap transaksi yang dilakukan secara daring juga tercatat dengan jelas waktu, jumlah pembayaran, dan tujuan pembayaran tersebut. Data transaksi tersebut tersimpan dengan aman, dan bisa diakses kapan saja saat dibutuhkan.

Kenyamanan dan layanan cepat

Keamanan transaksi, kemudahan informasi dan pembayaran dalam transaksi daring melahirkan kenyamanan bagi pelanggannya.

Pelanggan juga bisa mendapatkan layanan yang cepat daripada harus pergi mengunjungi toko fisik dan melakukan complain atau sekedar bertanya informasi.

Multitasking

Layanan transaksi daring bersifat multitasking. Artinya, lebih dari satu transaksi daring dapat dilakukan secara bersamaan tanpa saling mengganggu. Sedangkan dalam transaksi luring, transaksi harus dilakukan satu per satu, sehingga lebih banyak menghabiskan waktu dan tenaga.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/11/070000069/10-keunggulan-transaksi-secara-daring

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke