Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Kerja Sama Antarnegara Diperlukan pada Era Globalisasi?

KOMPAS.com - Kerja sama antarnegara di era globalisasi sangatlah dibutuhkan. Terlebih lagi tidak ada satupun negara di dunia yang bisa berdiri sendiri. Karena beberapa keterbatasan yang dimiliki.

Yulis Jamiah dalam jurnal Globalisasi Ditinjau Melalui Perspektif Pendidikan Nilai (2010), menjelaskan globalisasi sebagai proses penyebaran hasil karya atau ilmu pengetahuan secara mendunia.

Adanya era globalisasi membuat negara-negara di dunia saling terikat satu sama lain atau tidak memiliki batasan. Artinya antar satu negara dengan lainnya saling menjalin hubungan, termasuk melakukan kerja sama.

Kerja sama antarnegara

Mengapa kerja sama antarnegara diperlukan pada era globalisasi? Dikutip dari buku Hukum Ekonomi Internasional (2020) karya Hanif Nur Widhiyanti dan kawan-kawan, kerja sama antarnegara, terlebih di era globalisasi, merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari.

Kerja sama ini terjalin karena negara mempunyai kemudahan akses untuk melakukan kerja sama, baik di bidang ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya, politik, serta lainnya.

Di era globalisasi, kerja sama antarnegara sangat diperlukan karena tantangan dunia semakin beragam dan kompleks. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor sebuah negara yang tidak dapat berdiri sendiri karena memiliki keterbatasan, khususnya sumber daya alam.

Adanya kerja sama antarnegara di era globalisasi diharapkan mempermudah suatu negara dalam memenuhi kebutuhannya.

Contoh kerja sama antarnegara

Berikut ini beberapa contoh kerja sama antarnegara di era globalisasi:

  • Kegiatan ekspor impor

Adalah contoh kerja sama antarnegara di bidang perdagangan. Kegiatan ini dilakukan karena keterbatasan sumber daya atau teknologi yang dimiliki sebuah negara.

  • Kegiatan pertukaran pelajar

Adalah contoh kerja sama antarnegara di bidang pendidikan atau budaya. Tujuannya agar pelajar bisa mempelajari kebudayaan lain dan menambah wawasan.

  • Kerja sama bidang keamanan

Kerja sama ini dilakukan untuk memperkuat pertahanan serta keamanan sebuah negara.

  • Kerja sama bidang politik

Kerja sama ini dilakukan dalam bidang politik. Misalnya dengan melakukan perjanjian atau kesepakatan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/29/163000869/mengapa-kerja-sama-antarnegara-diperlukan-pada-era-globalisasi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke