Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komunikasi Verbal: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Prinsipnya

KOMPAS.com - Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi sebagai dasar dari kehidupan sehari-hari. Secara umum komunikasi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.

Dilansir dari Social Science LibreTexts, komunikasi verbal adalah komunikasi yang mengacu pada penggunaan bahasa baik lisan maupun tulisan, sedangkan komunikasi non-verbal terjadi melalui sarana selain kata-kata misalnya bahasa tubuh, gerak badan, hingga keheningan.

Sehingga komunikai verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata dari bahasa baik lisan maupun tulisan. 

Percakapan tatap muka, bertukar pesan di ponsel pintar, hingga berbicara melalui telepon adalah beberapa contoh dari komunikasi verbal.

Ciri-ciri komunikasi verbal

Beberapa ciri-ciri komunikasi verbal, yakni:

Jenis komunikasi verbal

Komunikasi verbal terdiri dari dua jenis yaitu berbicara dan menulis serta mendengarkan dan membaca. Berikut penjelasannya:

  • Berbicara dan menulis

Desak Putu Yuli Kurniati dalam Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal (2016) menyebutkan bahwa berbicara adalah komunikasi verbal vokal, sedangkan menulis adalah komunikasi verbal non-vokal.

Berbicara adalah menggunakan kata-kata secara lisan, sedang menulis adalah menggunakan kata-kata sebagai tulisan. Dengan berbicara dan menulis kita memberikan informasi dalam komunikasi dengan orang lain.

Contoh berbicara adalah saat bercakap-cakap secara tatap muka atau melalui telepon, saat saling menyapa, bertanya sesuatu, melakukan presentasi, maupun melakukan seminar.

Adapun contoh komunikasi menulis adalah bertukar pesan baik melalui surat, aplikasi chatting, maupun e-mail.

  • Mendengarkan dan membaca

Mendengarkan adalah menangkap kata-kata lisan, sementara membaca adalah menangkap kata-kata melalui tulisan. Keduanya adalah proses menerima informasi dalam komunikasi dengan orang lain.

Contoh mendengar adalah mendengarkan seseorang yang sedang bertanya, mendengarkan cerita teman, mendengarkan nasihat orang tua, dan juga mendengarkan materi yang dikemukakan guru. Adapun contoh membaca adalah membaca surat, membaca pesan, dan membaca buku.

Prinsip komunikasi verbal

Prinsip komunikai verbal terbagi menjadi: 

  • Intepretasi individu memengaruhi makna

Komunikasi verbal dipengaruhi oleh intepretasi makna individu yang terlibat dalam komunikasi.

Pengaruh budaya, kebiasaan, kendala bahasa, gangguan pendengaran, serta kepribadian dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengintepretasi atau menafsirkan suatu makna dalam komunikasi.

Sehingga dibutuhkan kata-kata dan bahasa yang ringkas serta jelas agar tidak terjadi ambiguitas dalam komunikasi.

Untuk inilah ada aturan tata bahasa, yaitu untuk menciptakan makna yang sama bagi orang yeng memberikan maupun menerima informasi.

  • Komunikasi adalah aturan yang dipandu

Komunikasi dipandu oleh keberadaan tata bahasa dan penggunaan kata-kata harus disesuaikan dengan lawan bicara. Pemilihan kata-kata dan gaya bahasa disebut dengan pragmatik.

Dilansir dari Lumen Learning, pragmatik adalah bagaimana manusia menggunakan komunikasi verbal misalnya berbicara dengan gaya bahasa formal kepada Professor dan berbicara dengan gaya kasual pada teman-teman.

  • Penekanan mempengaruhi makna

Dalam kominikasi verbal secara tulisan, penekanan dapat dilakukan dengan mengulangi ide pokok maupun memberikan tanda baca.

Saat tanda koma, berarti ide kalimat masih berjalan dan akan berhenti pada tanda titik. Tanda seru juga dapat menekankan suatu kalimat, sedangkan tanda tanya membuat pembacanya memikirkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Dalam komunikasi verbal secara lisan penekanan dapat dilakukan dengan intonasi. Misalkan saat marah kalimat diucapkan dengan nada tinggi, begitupula saat enekankan dan menegaskan sesuatu.

Intonasi sangat berpengaruh pada penekanan dan juga penyampaian makna dari komunikasi verbal secara lisan.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/22/114321869/komunikasi-verbal-pengertian-ciri-ciri-jenis-dan-prinsipnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke