Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Empat Cabang Seni Budaya

KOMPAS.com - Seni budaya adalah seni yang tumbuh bersamaan dengan peradaban manusia dan sipengaruhi oleh perkembangan budaya masyarakat.

Sehingga seni berkembang bersamaan dengan perubahan budaya. Pada jaman dahulu seni masih kental akan adat suatu daerah, namun seiring berkembangnya waktu munculah jenis seni yang lebih global karena adanya era modernisasi.

Seni budaya memiliki jenis yang sangat beragam, namun dibedakan menjadi empat cabang umum, berikut penjelasannya:

Seni Rupa

Seni rupa adalah seni visual yang dapat berupa gambar, serta bentuk rupa yang menjunjung keindahan (nilai estetika).

Dilansir dari Lumen Learning, seni rupa adalah bentuk seni tertua yang timbul dalam peradaban manusia. Hal ini dibuktikan dengan adanya lukisan prasejarah di gua-gua manusia purba.

Seni rupa terbagi menjadi seni rupa murni dan seni terapan. Seni rupa murni berupa seni lukis, seni grafis, seni patung, dan seni kriya (pahat, tenun, anyaman, dan border).

Sedangkan seni terapan berupa seni keramik, seni arsitektur, seni dekorasi, seni grafis, dan seni ilustrasi.

Seni musik meliputi permainan instrument musik, lagu, dan orkestera, serta seni sastra seperti pembacaan puisi ataupun musikalisasi puisi.

Seni Tari

Berdasarkan sitrus resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Seni tari adalah ungkapan seni berupa gerakan-gerakan yang indah. Seni tari sangatlah beragam bergantung pada budayanya.

Seni tari melingkupi seni tari tradisional (tarian daerah) dan juga seni tari modern (kpop dan break dance). Seni tari merupakan seni audiovisual karena menampilkan visual berupa gerakan dan audio berupa musik pengiringnya.

Seni Drama

Seni drama atau teater adalah seni audiovisual yang menampilkan penampilan visual dan suara. Dalam seni drama digunakan permainan peran dengan alur cerita.

Seni drama atau teater adalah dongeng yang ditampilkan melalui peran, kostum, riasan, dialog, dan musik pengiringnya. Seni drama meliputi pementasan teater, opera, film, sinetron, dan kabaret.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/12/200105069/empat-cabang-seni-budaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke