Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal UAS Biologi: Hormon-Hormon Pertumbuhan Tumbuhan

KOMPAS.com - Soal UAS dan pembahasan hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Soal 1: Jelaskan pengaruh hormon sitokinin terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!

Jawaban:

Dilansir dari Britannica Encyclopedia (2015), hormon sitokinin menstimulasi pembelahan sel untuk pertumbuhan pucuk, akar, daun, biji, dan pembentukan bakal buah serta bunga.

Sitokinin juga bekerja sama dengan auksin untuk memperlambat penuaan dengan cara mencegah timbulnya warna kuning pada daun dan menstabilkan kandungan protein serta klorofil daun.

Pada bidang pertanian dan perkebunan sitokinin berupa kinetin digunakan untuk mencegah kekuningan pada sayuran ataupun hasil panen.

Soal 2: Hormon tumbuhan yang berperan untuk membantu pematangan buah adalah…

Jawaban: Gas etilen

Dilansir dari ncbi.nlm.nih.gov, etilen mengatur perkembangan dan pematangan buah dengan memengaruhi warna, tekstur, kualitas nutrisi, dan juga aroma pada buah.

Gas etilen mengurangi klorofil, namun mengingkatkan kadar karotenoid, antosianin, gula dan senyawa organik yang mudah menguap.

Penambahan kadar gula inilah yang membuat buah matang terasa manis, sedangkan penambahan senyawa organik yang menguap membuat buah matang memiliki harum yang khas dibandingkan dengan buah mentah.

Soal 3: Tunas tumbuhan dapat bengkok keatas karena pengaruh hormon…

Jawaban: Auksin

Pada proses penyemaian benih, jika benih ditanam dengan posisi menyamping dan terbalik sekalipun, tunasnya akan selalu bengkok keatas yang disebabkan oleh hormon pertumbuhan auksin. Dilansir dari  , auksin adalah hormon pertumbuhan yang mengontrol laju permanjangan sel, terutama di bagian pusuk dan akar.

Hanya bagian bawah yang menglami pemanjangan dengan cepat dan bagian atasnya hanya sedikit memanjang, hal ini menyebabkan tunas bengkok menuju keatas.

Pembengkokan ke atas disebut dengan geotropisme negatif, yaitu peristiwa tunas dan batang bengkok keatas. Hormon auksin akan selalu menjaga agar tunas tumbuh keatas melawan arah gravitasi, dan akar tumbuh kebawah mengikuti arah gravitasi.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/211904369/soal-uas-biologi-hormon-hormon-pertumbuhan-tumbuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke