Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Lemak digunakan dan disimpan oleh Tubuh?

KOMPAS.com - Lemak adalah makronutrien atau nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar selain karbohidrat dan protein. Lemak yang kamu makan akan masuk kedalam proses metabolisme yang rumit namun dan bersangkut paut dengan metabolisme karbohidrat.

Pemecahan Trigliserol

Lemak yang terkandung dalam makanan, kebanyakan berupa trigliserol. Trigliserol adalah tiga asam lemak yang menempel pada gliserol.

Trigliserol kemudian masuk kedalam usus kecil dan kemudian dipecah oleh enzim lipase yang dikeluarkan oleh pancreas.

Enzim lipase memecah trigliserol menjadi bentuk yang lebih sederhana yaitu monogliseril. Lalu monogliseril dipecah kembali oleh garam empedu dan lipase menjadi asam lemak bebas dan menghasilkan ATP.

Pembentukan Kilomikron

Dilansir dari BCcampus Open Textbooks, ketika monogliseril dan asam lemak bebas melewati membran usus kembali terbentuk trigliserol. Trigliserol tersebut kemudian bersatu dengan molekul protein bernama apolipoprotein dan kolesterol membentuk kilomikron.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kilomikron kemudian masuk kedalam sistem limfatik untuk masuk ke aliran darah untuk kemudian dikirim ke otot. Kelebihan lemak trigliserol akan disimpan dalam jaringan adiposa.

Pada otot, trigliserol didegradasi menjadi asetil koenzim A untuk digunakan dalam asam trikarboksilasi dan juga respirasi sel. Otot jantung juga mengnsumsi lemak dalam bentuk asetil koenzim A sebagai bahan bakar untuk terus berdetak.

Lipolisis

Lemak dalam jaringan adipose bisa digunakan kapan saja saat dibutuhkan tubuh melalui proses lipolisis dalam sitoplasma. Lipolisis mengubah trigliserol menjadi asam lemak dan gliserol. Gliserol yang dihasilkan kemudian digunakan untuk proses glikolisis.

Dilansir dari WatCut, asam lemak akan dioksidasi oleh beta oksidasi dalam mitokondria menjadi asil koenzim A. asil koenzim A bergabung dengan asil kartinin menghasilkan asetil koenzim A yang digunakan dalam siklus krebs.

Hal ini berarti lemak dapat digunakan untuk membuat energi dalam siklus krebs sebagai ganti glukosa.


Ketogonesis

Setelah digunakan oleh otot dan juga digunakan untuk sintesis energi, kelebihan lemak yang masih ada diproses secara ketogenesis untuk membuat badan keton.

Badan keton adalah cadangan makanan saat tubuh kelaparan, atau menggantikan karbohidrat untuk menjadi bahan bakar otak.

Asetoasetat kemudian diproses seperti pada gambar agar bisa masuk kedalam siklus krebs untuk membuat energi bagi otak dan tubuh.

Kesimpulan

Setelah menyimak materi diatas, metabolisme lemak terlihat rumit. Untuk dapat lebih memahami proses metabolisme lemak, lihatlah bambar dibawah ini!

Asam lemak diubah menjadi asetil koenzim A untuk digunakan otot manusia, kelebihannya lalu disimpan dalam badan keton untuk digunakan kembali oleh otak.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/31/132430269/bagaimana-lemak-digunakan-dan-disimpan-oleh-tubuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke