Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Taktik dan Strategi Perlombaan Lompat dan Lempar pada Atletik

Sama seperti olahraga lainnya, perlombaan atletik cabang lompat dan lempar memiliki beberapa taktik serta strategi agar bisa memenangkan perlombaan.

Nomor lompat pada atletik adalah lompat jauh dan lompat tinggi, sedangkan di nomor lempar adalah tolak peluru, lempar lembing serta lempar cakram.

Perlombaan atletik cabang lompat

Perlombaan atletik cabang lompat memiliki dua kategori, yakni lompat jauh serta lompat tinggi. Dua kategori tersebut memiliki perbedaan penilaian dan teknik.

Pada lompat jauh dihitung berdasarkan jarak terjauh pendaratan di bak pasir. Sementara pada lompat tinggi mengukur seberapa tinggi lompatan melewati tiang mistar horizontal.

Dikutip dari situs Live About, berikut ada dua strategi yang bisa dilakukan agar bisa memenangkan perlombaan lompat jauh:

  1. Menambah kecepatan saat berlari (awalan sebelum melakukan lompatan). Kecepatan berlari sangat mempengaruhi jarak pendaratan di bak pasir.
  2. Saat akan melakukan pendaratan, kaki harus diangkat dengan posisi ditekuk. Lutut ditekuk mengayunkan lengan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mendarat.

Pada lompat jauh, lompat dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak, tinggi, dan rintangan sejauh-jauhnya, setinggi-tingginya.

Tujuan utama lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya.

Lompat tinggi juga memiliki dua strategi yang bisa diterapkan agar bisa memenangkan perlombaan.

Berikut strategi lompat tinggi yang dilansir dari situs Highjump.club:

  1. Lakukan lompatan di area yang sudah ditentukan.
  2. Memposisikan badan yang baik saat sebelum dan sesudah melakukan lompatan. Posisi tubuh yang baik saat melakukan lompatan juga mempengaruhi hasil akhirnya.

Perlombaan atletik cabang lempar

Secara garis besar, strategi yang digunakan kurang lebih sama. Salah satunya adalah memastikan untuk memegang lembing, peluru serta cakram dengan nyaman dan benar.

Teknik perlombaan lempar meliputi, ayunan tangan, gerakan kaki, pelepasan, awalan.

Berikut beberapa strategi yang bisa diterapkan, yang dikutip dari situs Sports Unlimited:

  1. Pastikan untuk memegang lembing, peluru serta cakram menggunakan semua jari. Pastikan jika posisinya nyaman dan terpegang dengan baik.
  2. Pastikan posisi badan bergerak bersamaan ketika sedang melakukan awalan melempar. Hal ini diperlukan agar menghasilkan lemparan sebaik mungkin.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/27/173000869/taktik-dan-strategi-perlombaan-lompat-dan-lempar-pada-atletik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke