Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian, Prinsip Kerja dan Inhibitor Enzim

KOMPAS.com - Dalam tubuh makhluk hidup, akan terjadi reaksi kimia secara terus-menerus untuk keberlangsungan hidupnya. Reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup semuanya dibantu oleh katalis biologi bernama enzim.

Pengertian Enzim

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, enzim adalah katalis biologi yang mengatur laju reaksi biokimia dalam tubuh tanpa mengubah kesetimbangan reaksi tersebut. Enzim terbentuk dari senyawa protein hasil anabolisme.

Enzim berfungsi untuk menurunkan energi aktivasi reaksi biokimia, menyebabkan reaksi tersebut berlangsung lebih cepat. Enzim bekerja sangat cepat, namun tidak ikut bereaksi dan tidak habis dikonsumi proses biokimia.

Prinsip Kerja Enzim

Dilansir Biology LibreTexts, enzim bekerja dengan cara lock and key atau seperti lubang kunci dan kunci dengan substratnya. Substrat memiliki sisi aktif yang dapat bereaksi dengan enzim, substrat adalah reaktan dalam proses biokimia.

Ketika enzim bereaksi dengan substrat, enzim akan menyesuaikan bentuknya dengan sisi aktif substrat agar dapat terikat sempurna.

Setelah enzim terikat secara sempurna, terbentuklah kompleks enzim substrat yang akan menurunkan energi aktivasi reaksi biokimia. Kompleks substrat enzim mendorong terjadinya proses biokimia dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Setelah proses biokimia berlangsung, produk hasil biokimia akan terlepas dari sisi aktif enzim dan enzim dapat berikatan kembali dengan substrat yang lain.

Inhibitor Enzim

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, aktivitas enzim dapat terhambat karena adanya molekul inhibitor. Ada dua bentuk inhibitor enzim yaitu inhibitor kompetitif dan inhibitor non-kompetitif.

Inhibitor kompetitif bersaing dengan substrat untuk menempati sisi aktif enzim, sehingga enzim tidak dapat menghasilkan kompleks substrat enzim. Adapun inhibitor non-kompetitif menempel pada sisi aktif enzim, menyebabkan substrat tidak dapat menempel.

Inhibitor yang dianggap merugikan reaksi biokimia dapat ditangani dengan menambahkan lebih banyak substrat.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/17/095905569/pengertian-prinsip-kerja-dan-inhibitor-enzim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke