Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perubahan Kenampakan Langit

Saat kondisi langit siang hari, maka akan tampak matahari. Sementara saat langit malam hari, akan tampak bulan dan bintang yang berkelap-kelip di angkasa.

Itu disebut sebagai perubahan kenampakan langit. Kenampakan langit pada umumnya bisa dicermati dari Bumi, yakni Matahari, Bintang, dan Bulan.

Kenampakan bintang

Bintang akan tampak sangat jelas di langit cerah pada kondisi malam hari. Jika kamu perhatikan dengan seksama, akan terlihat bintang yang berkedip-kedip seperti ada cahayanya.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), sebenarnya bintang bersinar setiap saat. Namun karena letaknya sangat jauh, maka cahaya bintang pada siang hari kalah kuat dengan cahaya Maatahari.

Sehingga bintang tidak terlihat pada siang hari. Bintang merupakan benda langit yang dapat mengeluarkan cahaya sendiri seperti Matahari.

Pada alam semesta ini banyak terdapat puluhan miliar triliun bintang yang dapat diamati. Namun, hanya sebagian kecil yang bisa terlihat oleh mata telanjang.

Banyak bintang berpasangan, banyak sistem, atau gugusan bintang. Gugusan bintang disebut galaksi.

Bintang tersusun dari gas dan cukup panas. Suhu permukaan bintang antara 3.000 derajat celsius hingga 5.000 derajat celsius.

Bintang yang paling panas berwarna biru dan memiliki angin terkuat. Sementara bintang yang bersuhu rendah berwarna merah.

Bintang-bintang itu saling berdekatan dan jika digabungkan akan terbentuk suatu susunan yang dinamakan rasi bintang.

Ada beberapa rasi bintang, yakni:

  1. Rasi bintang layang-layang
  2. Rasi bintang kalajengking
  3. Rasi bintang biduk
  4. Rasi bintang waluku

Berikut penjelasannya:

1. Rasi bintang layang-layang

Pada bintang layang-layang ini bisa dilihat saat kamu memandang langit sebelah selatan. Biasanya rasi ini dipakai untuk menunjukkan arah selatan.

2. Rasi bintang kalajengking

Rasi bintang kalajengking bisa dilihat ketika memandang langit bagian tenggara.

3. Rasi bintang biduk

Rasi bintang biduk juga disebut sebagai rasi bintang beruang besar. Ini bisa dilihat saat memandang langit sebelah utara.

4. Rasi bintang waluku

Rasi bintang waluku ini bisa dilihat saat memandang langit sore hari di antara sebelah timur dan barat.

Kenampakan bulan

Saat langit cerah pada malam hari, Bulan akan tampak sangat terang tapi tidak seterang Matahari.

Bulan merupakan benda langit yang tidak bisa memancarkan cahaya sendiri. Cahaya yang tampak itu karena memantulkan cahaya Matahari.

Bulan adalah satelit alami Bumi dan benda langit besar terdekat. Bulan berputar mengelilingi Bumi dalam orbit pada jarak rata-rata sekitar 384.000 kilometer atau 238.600 mil.

Saat Bulan mengelilingi Bumi berbentuk elip. Jari-jari khatulistiwa adalah 1.738 kilometer atau 1.080 mil.

Jadi akan tampak perubahan bagian Bulan yang terkena sinar Matahari. Sehingga kamu akan melihat bentuk Bulan yang berubah-ubah.

Kenampakan matahari

Matahari merupakan salah satu dari bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Ukuran Matahari sangat besar dan suhunya panas.

Matahari adalah sumber energi yang besar, yang sebagian memberi cahaya pada Bumi yang diperlukan untuk mendukung kehidupan.

Jarak matahari dengan bumi sekitar 149,6 juta kilometer. Diamater matahari mencapai 1.392.684 kilometer atau 109 kali diamater Bumi.

Matahari tidak boleh dipandang secara langsung oleh mata. Karena akan merusak mata, bahkan bisa menimbulkan kebutaan.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/24/080000369/perubahan-kenampakan-langit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke