Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2024, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sepeda bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Bersepeda sebagai olahraga yang intens tentu sangat bergantung pada tingkat kebugaran seseorang.

Jenis aktivitas ini membangun kekuatan, terutama pada otot-otot tubuh bagian bawah seperti paha depan, tetapi bersepeda, utamanya, merupakan latihan aerobik.

Itu berarti bersepeda dapat meningkatkan sistem kardiovaskular karena latihan aerobik mengondisikan tubuh untuk menggunakan oksigen lebih baik dan memompa darah lebih efisien.

Manfaat bersepeda untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat lain dari bersepeda untuk kesehatan.

1. Bersepeda dapat membantu menurunkan berat badan

Kebiasaan bersepeda, terutama dengan intensitas tinggi, dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh sehingga mendorong pengelolaan berat badan yang sehat.

Baca juga: Apa Manfaat Olahraga Lompat Tali?

Studi tambahan menunjukkan bahwa memasukkan olahraga lari cepat dan kekuatan dengan bersepeda secara teratur dapat meningkatkan metabolisme dan membentuk otot untuk sementara, sehingga memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

2. Bersepeda akan membantu memperkuat kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan dan memperkuat otot-otot kaki tanpa membebani sendi secara berlebihan.

Untuk membuat kaki lebih kuat dan meningkatkan performa bersepeda, cobalah melakukan latihan angkat beban, seperti squat, leg press, dan lunge beberapa kali seminggu.

3. Bersepeda dapat menurunkan kolesterol

Efek bersepeda yang meningkatkan kesehatan dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta menurunkan kemungkinan terkena stroke dan serangan jantung.

Menurut sebuah ulasan terhadap 300 penelitian, bersepeda di dalam ruangan memiliki efek positif terhadap kolesterol total dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) sekaligus menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigliserida.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Tidak Melakukan Peregangan Sebelum Olahraga?

5. Bersepeda meningkatkan kesehatan mental dan kekuatan otak

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Fokus pada jalan atau irama saat bersepeda dapat membantu seseorang mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini.

Penelitian pun telah mendukung hal ini. Sebuah penelitian menemukan bahwa bersepeda di luar ruangan meningkatkan fungsi kognitif dan kesejahteraan orang dewasa yang lebih tua.

5. Bersepeda dapat memberikan awal yang positif untuk memulai hari

Memulai hari dengan aktivitas sehat seperti bersepeda dapat meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan kita memulai hari dengan lebih baik.

Bersepeda di pagi hari dengan intensitas rendah juga dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan tingkat energi serta metabolisme sepanjang hari.

6. Bersepeda dapat membantu mencegah dan menangani kondisi medis

Jika ingin mencegah timbulnya masalah kesehatan atau mengelola kondisi yang ada, olahraga teratur adalah kuncinya.

Baca juga: Olahraga Seperti Apa Yang Cocok untuk Anak-Anak?

Bersepeda secara teratur adalah salah satu cara untuk menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kemungkinan masalah kesehatan yang menyertainya.

Olahraga teratur dapat membantu mencegah masalah jantung seperti stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Bersepeda juga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bersepeda secara teratur dapat menurunkan angka kematian penderita diabetes sebesar 24% dan, jika dilanjutkan setidaknya selama 5 tahun, dapat menurunkan angka kematian sebesar 35%.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com