Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin membutuhkan dorongan energi ekstra sebelum berolahraga. Ada beberapa pilihan minuman sebelum olahraga, salah satunya adalah kopi.

Kopi mengandung kafein dalam jumlah yang cukup sehingga dianggap sebagai minuman yang efektif untuk meningkatkan kinerja fisik selama olahraga.

Namun, mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apa manfaat minum kopi sebelum olahraga dan apakah ada efek sampingnya?

Manfaat minum kopi sebelum olahraga

Kopi adalah sumber alami kafein, antioksidan, dan nutrisi. Meskipun kita tidak membutuhkan kafein untuk dapat berolahraga dengan baik, banyak orang mengonsumsi kafein sebelum berolahraga untuk menambah energi dan membantu mencapai target performa.

Baca juga: Studi Jelaskan Efek Kopi bagi Metabolisme Tubuh dan Berat Badan

Faktanya, kafein telah diteliti secara luas sebagai asam ergogenik yang efektif atau penambah kinerja yang baik dalam latihan kekuatan maupun kardio.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat potensial dari minum kopi sebelum olahraga:

  1. Meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan kekuatan otot
  2. Meningkatkan daya tahan aerobik
  3. Meningkatkan kinerja fisik saat berlari, melompat, dan melempar
  4. Menghemat simpanan glikogen dan memanfaatkan lemak sebagai sumber bahan bakar utama
  5. Meningkatkan fokus dan kewaspadaan

Waktu dan dosis minum kopi sebelum olahraga

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa sebaiknya kopi diminum sekitar 45-60 menit sebelum berolahraga agar kafein dapat diserap ke dalam aliran darah dan mencapai efektivitas puncaknya.

Baca juga: Studi: Minum Kopi 2-3 Cangkir Per Hari Turunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

International Society of Sports Nutrition (ISSN) menyimpulkan, kafein adalah bantuan ergogenik yang efektif jika dikonsumsi dalam dosis 2–6 mg per kg berat badan. Ini sama dengan sekitar 135–405 mg untuk orang dengan bobot 68 kg.

Karena secangkir kopi rata-rata mengandung 100 mg kafein, minum 1–2 cangkir (240–475 mL) sekitar 45–60 menit sebelum olahraga akan memberikan cukup kafein untuk mendukung kinerja fisik.

Risiko dan efek samping

Meskipun kafein dapat meningkatkan performa atletik, dilansir dari Medical News Today, ada potensi risiko negatif dan efek samping yang perlu dipertimbangkan, yakni:

1. Sakit perut

Salah satu masalah yang paling umum adalah sakit perut. Minum kopi saat perut kosong atau mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dekat dengan olahraga bisa menyebabkan sakit perut.

Baca juga: Ilmuwan Ungkap Manfaat Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Untuk menghindarinya, kita dapat memilih untuk berolahraga dengan perut kosong, menunggu lebih lama antara minum kopi dan berolahraga, atau mengonsumsi lebih sedikit cairan.

2. Insomnia dan kecemasan

Karena berbagai alasan, beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein daripada yang lain. Mengonsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkanefek samping negatif, seperti masalah tidur dan kecemasan.

Insomnia, khususnya, dapat merugikan orang yang berharap menggunakan kafein untuk meningkatkan kinerja atletik karena kurang tidur justru menghambat pemulihan otot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com