Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2023, 21:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gurita adalah hewan invertebrata, seperti cumi-cumi dan sotong. Gurita memiliki kepala bulat, mata besar, dan delapan lengan yang sangat berguna baginya.

Gurita merupakan hewan yang sangat cerdas, ahli kamuflase yang telah mengembangkan serangkaian trik selama puluhan juta tahun untuk menghindari pemangsa.

Ada banyak keunikan yang dimiliki gurita. Salah satunya, invertebrata laut ini memiliki tiga jantung, yang masing-masing mempunyai fungsi penting.

Tiga jantung gurita

Gurita memiliki tiga jantung; satu berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan dua lainnya untuk memompa darah ke insang.

Baca juga: Bagaimana Cara Gurita Berubah Warna?

Dilansir dari BBC Science Focus Magazine, penyebab gurita memiliki tiga jantung yang mengesankan ini bisa jadi karena komposisi darah gurita yang tidak biasa.

Tidak seperti vertebrata yang memiliki hemoglobin kaya zat besi yang dimasukkan ke dalam sel darah merahnya, gurita memiliki haemocyanin yang kaya akan tembaga yang langsung larut dalam darahnya.

Haemocyanin kurang efisien dibandingkan hemoglobin sebagai pengangkut oksigen. Oleh sebab itu, ketiga jantung gurita membantu mengimbanginya dengan memompa darah dengan tekanan lebih tinggi ke seluruh tubuh untuk mendukung gaya hidup gurita yang aktif.

Jantung gurita dapat berhenti

Menariknya, dilansir dari Live Science, sebuah penelitian pada tahun 1962 menunjukkan bahwa jantung sistemik gurita Pasifik raksasa kemungkinan dapat berhenti total untuk jangka waktu yang lama saat mereka beristirahat, yakni ketika gurita tidak terlalu membutuhkan tekanan darah tinggi. Saat itu, jantung insang yang melakukan semua fungsi.

Baca juga: Gurita Ternyata Mampu Mengatur Ulang Otak untuk Beradaptasi

Selain itu, menurut Kirt Onthank, ahli biologi di Walla Walla University, Washington, jantung gurita juga berhenti beberapa saat ketika mereka berenang, dan tidak ada yang tahu pasti alasannya.

Onthank menduga, penjelasan terbaik tentang kemampuan itu adalah bahwa berenang memberi tekanan tinggi pada jantung gurita sehingga lebih baik menghentikan jantung sejenak saat berenang daripada mencoba melawan tekanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com