Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki kedalaman 2.212 meter, Goa Veryovkina dinobatkan sebagai goa terdalam di dunia. Goa Veryovkina terletak di Abkhazia, wilayah pendudukan Georgia.

Penjelajahan selama puluhan tahun untuk menemukan goa terdalam di dunia ini dimulai pada tahun 1968. Namun, baru pada tahun 2017, para ahli berhasil mencapai kedalaman terbesar di dunia untuk sistem goa.

Ada apa di dalam Goa Veryovkina?

Menggunakan serangkaian kamp di sepanjang jalan, anggota ekspedisi membutuhkan waktu lebih dari empat hari untuk mencapai kedalaman 2.212 meter.

Dibutuhkan waktu yang kira-kira sama untuk kembali ke permukaan, jadi anggota ekspedisi harus menghabiskan setidaknya satu minggu di dalam Goa Veryovkina dengan lingkungan yang ekstrem.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Tentunya, pekerjaan tersebut terbukti sangat sulit dan berbahaya. Semakin dalam para peneliti menjelajah, semakin banyak yang mereka butuhkan untuk membawa material yang digali ke permukaan dan semakin besar bahaya keruntuhan yang mengancam mereka.

Melansir ZME Science, Goa Veryovkina hampir turun secara vertikal dan penuh dengan sumur dengan lorong horizontal kecil. Mulai dari kedalaman 800 meter, air yang mengalir melalui anak sungai kecil memercikkan air melalui lorong-lorong sempit. Ini membuat goa sangat lembap.

Kelembapan Goa Veryovkina mencapai 100% dan dengan kisaran suhu 4 derajat C hingga 7 derajat C, ini berarti siapa pun yang menuruninya akan kedinginan di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Beruang Gua Diburu Manusia Purba untuk Diambil Bulunya Sebagai Mantel

Sepanjang jalan di dalam goa, para penjelajah mengumpulkan sampel udang dan kalajengking langka serta kemungkinan spesies mikroorganisme baru.

Ada juga fosil, terutama yang tercetak di bebatuan, yang memberikan petunjuk tentang bagaimana rupa organisme goa jutaan tahun yang lalu, serta bagaimana goa itu sendiri dan pegunungan di sekitarnya terbentuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com