Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Penyelamatan Kapal Selam Terdalam yang Pernah Dilakukan?

Kompas.com - 23/06/2023, 15:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapal selam Titan yang membawa lima awak dalam perjalanan menuju lokasi bangkai kapal Titanic, yang sempat hilang kontak akhirnya ditemukan, meski dilaporkan hancur dan seluruh penumpangnya tewas.

Kendati upaya penyelamatan tak dapat dilakukan karena kapal selam tersebut hancur, namun sejarah pernah mencatat penyelamatan kapal selam di laut terdalam dan misi itu pun berhasil.

Upaya penyelamatan tersebut terjadi pada kapal selam Pisces III pada tahun 1973 yang tenggelam di kedalaman 480 meter. Misi penyelamatan ini pun memecahkan Guiness World Record untuk penyelamatan bawah air terdalam yang pernah dilakukan.

Meski misi ini berhasil, kisah penyelamatan tersebut menjadi gambaran betapa sulitnya operasi penyelamatan bawah air.

Penyelamatan kapal selam Pisces III

Dikutip dari IFL Science, Jumat (23/6/2023), kapal selam tersebut tenggelam di dasar laut, usai dua pelaut Inggris akan meletakkan kabel telepon transatlantik dasar laut di wilayah barat daya Cork, Republik Irlandia. Namun, setelah melakukannya, sebuah palka terbuka lalu menenggelamkan kapal selam tersebut. 

Baca juga: Seperti Apa Bangkai Kapal Titanic yang Tenggelam di Laut Atlantik?

Kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Angkatan Laut Amerika Serikat, dan Penjaga Pantai Kanada segera menuju ke Laut Celtic untuk melakukan penyelamatan.

Rencana segera dibuat termasuk menggunakan kapal selam Pisces II dan Pisces V. Akan tetapi, tentu saja penyelamatan di laut dalam merupakan tantangan dan tidak semudah yang dibayangkan.

Pada dini hari tanggal 31 Agustus, Pisces II dikerahkan untuk melakukan penyelamatan tetapi gagal menemukan Pisces III. Begitu pula Pisces V yang diturunkan menemui masalah yang sama.

Namun usaha terus coba dilakukan, ketika pada pagi hari tanggal 1 September, kapal selam Pisces II bersama dengan kendaraan bawah air yang dioperasikan dari jarak jauh CURV III berhasil menarik Pisces III.

Pisces III pun akhirnya mencapai permukaan dalam keadaan utuh pada pukul 13.17 setelah terjebak selama 3 hari di kedalaman laut dan hanya selang beberapa menit saja sebelum cadangan oksigen habis.

"Ketika penyelamat membuka palka dan udara segar serta sinar matahari masuk membuat kami sakit kepala tetapi kami sangat gembira," ungkap Roger Chapman, salah satu pelaut yang selamat dari tenggelamnya kapal selam Pisces III.

Baca juga: Seperti Apa Naskah Stand Up Comedy Abad Pertengahan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com