Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Astronot Bisa Tidur di Luar Angkasa?

Kompas.com - 27/01/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Tidur jadi kebutuhan setiap makhluk hidup untuk beristirahat dan memulihkan tenaga setelah seharian beraktivitas.

Akan tetapi, bagaimana ceritanya jika seseorang harus tidur di luar angkasa?

Apakah para astronot ini bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik saat berada di luar angkasa, seperti saat mereka beristirahat di Bumi dan bagaimana caranya mereka bisa tidur di luar angkasa?

Sebagai informasi kurang tidur tidak hanya dapat memengaruhi kemampuan kognitif dan kesehatan seseorang secara keseluruhan, tetapi juga dapat membuat ritme sirkadian tubuh alias jam biologis menjadi rusak.

Bagi orang yang tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional, menjaga ritme sirkadian tubuh menjadi sangat penting.

Pasalnya, gangguan tidur saat berada di luar angkasa yang dialami bisa menyebabkan kelelahan dan perubahan suasana hati serta gangguan metabolisme, penyakit jantung, dan masalah pencernaan. Belum lagi kecelakaan di tempat kerja.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Bom Atom?

Cara astronot tidur saat di luar angkasa

Jadi bagaimana taktik atau cara para astronot ini untuk bisa tidur di saat bertugas di luar sana, ini caranya seperti dikutip dari Space, Kamis (26/1/2023).

Melatih tubuh sesuai jadwal

Menjaga jadwal tidur selaras dengan ritme sirkadian tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah insomnia dan kelelahan. Bahkan itu lebih mudah dilakukan di Bumi, yang mana tubuh secara alami menyesuaikan diri dengan 24 jam sehari daripada di luar angkasa.

Di luar angkasa, astronot bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam 15 hingga 16 kali sehari, sehingga mempertahankan jadwal tidur mungkin tidak terjadi secara alami.

Mereka harus melatih pikiran dan tubuh mereka untuk mempertahankan ritme sirkadian 24 jam untuk memastikan fungsi mental dan kualitas tidur yang optimal.

Selain itu, para astronot juga memiliki jadwal yang mencakup waktu tidur dan bangun, petunjuk pencahayaan, diet, olah raga, dan informasi lain untuk menjaga agar tidur mereka saat berada di luar angkasa, tetap pada jalurnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Pesawat Luar Angkasa Pergi ke Luar Angkasa?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com